Usai Meninjau Runway III Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Jajal Naik Taksi Listrik

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjajal langsung taksi keluaran Bluebird itu selepas meninjau Runway III, pada Minggu (8/9/2019)

Usai Meninjau Runway III Bandara Soekarno-Hatta, Menhub Jajal Naik Taksi Listrik
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjajal taksi listrik milik Blue Bird di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (8/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Taksi listrik sudah beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta, sejak lima bulan belakangan.

Penasaran dengan sensasinya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menjajal langsung taksi keluaran Bluebird itu selepas meninjau Runway III, pada Minggu (8/9/2019).

Budi menjajal taksi itu untuk berpindah dari Bandara menuju Jakarta, melanjuti kegiatannya.

Kepada awak media, Budi juga mengapresiasi Blue Bird yang mau memulai taksi bertenaga listrik.

"Hari ini saya menyaksikan sendiri Blue Bird konsisten sesuai dengan janjinya akan mengoperasikan elektrisasi, taksi listrik," ujar Budi sebelum menaiki taksi itu.

Ia juga mengatakan, penggunaan taksi listrik bukan hal yang mudah, karena banyak hal yang harus diperhitungkan dan dipersiapkan.

"Ini upaya yang tidak mudah, karena penggunaan pasti ada effort effort khusus. Dan ini bagian dari litbang yang dipersembahkan bagi Indonesia. Karena taksi berbasis listrik ini berkaitan dengan harga, berkaitan dengan operasionalisasi, berkaitan dengan penunjang penunjang yang harus dipersiapkan dengan baik," uajrnya.

Menyusuri Gang-gang Sempit Penuh Sampah di Kampung Bengek

Besok, Perluasan Ganjil-genap Kendaraan Resmi Diberlakukan di DKI Jakarta

Sementara, Direktur Utama Blue Bird, Noni Purnomo, mengatakan, saat ini sudah ada 29 unit taksi listrik yang beroperasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta: 25 unit BYD e6 A/T dan 4 unit Tesla Model X 75D A/T.

"Jadi kita bersama sama dengan Bandara Soekarno Hatta memberikan layanan zero emmision kendaraan umum menggunakan electric taxi," kata Noni.

"Pada saat ini karena baru pilot project, kita baru afa 25 BYD dan 4 Tesla X untuk Silver Bird. Jadi tarif mnya sama dengan tarif Blue Bird biasa," tambahnya.

Noni mengatakan, saat mobil listrik tersebut menyala, tidak ada emisi yang diproduksi.

Selain itu, pantauan TribunJakarta.com, taksi listrik itu juga tidak bersuara, atau paling tidak suaranya sangat pelan, saat berjalan.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved