Rusuh di Papua

Jamin Keselamatan Pengungsi, Pengamanan di Bandara Wamena Diperketat

Aparat TNI-Polri menjamin keselamatan warga di Kota Wamena yang mengungsi lantaran khawatir keselamatannya terancam akibat kerusuhan.

Jamin Keselamatan Pengungsi, Pengamanan di Bandara Wamena Diperketat
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Pengungsi Wamena asal Minang, Sumatera Barat saat tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (3/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Aparat TNI-Polri menjamin keselamatan warga di Kota Wamena yang mengungsi lantaran khawatir keselamatannya terancam akibat kerusuhan.

Kadispen AU Marsekal Pertama Fajar Adriyanto mengatakan di Wamena sudah tersedia posko dengan penjagaan yang siap menjamin keselamatan warga.

"Ada Detasemen di sana, dan kita kerja sama dengan AD, dan Polri untuk mengevakuasi mereka yang ingin keluar dari Wamena untuk mendekati Bandara Wamena," kata Fajar di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (3/10/2019).

Sudah kondusifnya situasi di Wamena membuat penerbangan pesawat TNI AU yang mengangkut pengungsi berjalan tanpa hambatan.

Selain posko, Fajar menuturkan pengamanan di Bandara Wamena juga diperketat guna menjamin keselamatan warga yang meminta eksodus.

"Tidak ada, karena memang pengamanan di bandara Wamena sudah kita perketat dan sudah ada pasukan di sana. Jadi cukup aman di sana," ujarnya.

Meski tak merinci jumlah pasti penerbangan pesawat yang mengangkut pengungsi dan mengirim bantuan tenaga medis serta logistik.

Sejak kerusuhan di Wamena terjadi pada Senin (23/9/2019), pesawat TNI AU sudah menempuh puluhan penerbangan dan dipastikan terus bertambah.

"Sampai sekarang masih ada evakuasi terus di sana. Dan pesawat Hercules sudah cukup banyak, sudah puluhan sorti (penerbangan)," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved