Ribuan Handphone Mewah Berbagai Merek Dihancurkan di Bandara Soekarno-Hatta

Sebanyak 2.464 handphone mewah ilegal dihancurkan oleh Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta.

Ribuan Handphone Mewah Berbagai Merek Dihancurkan di Bandara Soekarno-Hatta
TribunJakarta.com/Ega Alfreda
Penghancuran 2.464 handphone mewah yang dihancurkan di halamam kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (8/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Sebanyak 2.464 handphone mewah ilegal dihancurkan dengan cara dilumat menggunakan alat berat oleh Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta.

Sebelum dilindas hingga tak berbentuk, ribuan handphone ilegal tersebut direndam di dalam campuran air garam semalam untuk menjinakan zat kimia berbahaya di dalam handphone tersebut.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta mengatakan, ribuan handphone tersebut merupakan hasil penegahan yang dilakukan sejak bulan Juli hingga Desember 2018.

"Ini hasil penegahan kami di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Kami lakukan pengandangan dulu baru keluar instruksi dari Kementerian Keuangan untuk dihancurkan," jelas Erwin, Selasa (8/10/2019).

Dari data yang didapatkan, ribuan handphone mewah yang dihancurkan tersebut terdiri dari beberapa merek seperti Apple, Xiaomi, Oppo, Nokia, dan lain sebagainya.

Namun, merek Xiaomi mendominasi dari penegahan tersebut yang mencapai hingga 1.600 unit.

"Sisanya merata, ada handphone keluaran terbaru, seperti 27 unit iPhone Xs, 266 iPhone X, 225 iPhone 8+," sambung Erwin.

Sementara, untuk jenis lainnya ada 54 iPhone 8, 72 iPhone 7, 26 handphone tiruan Samsung 9+, serta 194 unit beragam gadget dengan tipe dan kondisi.

Menurut Erwin, barang-barang ilegal tersebut didatangkan dari luar negeri seperti Hongkong dan Singapura.

Halaman
12
Penulis: Ega Alfreda
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved