2 Tahun Pimpin Jakarta, Anies Baswedan Tegaskan akan Libatkan Warga dalam Proses Pembangunan

Selama dua tahun menjabat sebagai Gubernur, beragam program telah dijalankan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

2 Tahun Pimpin Jakarta, Anies Baswedan Tegaskan akan Libatkan Warga dalam Proses Pembangunan
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjelaskan capaian dua tahun kepemimpinannya di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Anies Rasyid Baswedan akan genap dua tahun memimpin Jakarta pada 16 Oktober 2019 mendatang.

Selama dua tahun menjabat sebagai Gubernur, beragam program telah dijalankan oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Demi mewujudkan Wajah Baru Jakarta yang Maju Kotanya dan Bahagia Warganya, Pemprov DKI Jakarta pun memilih melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan.

"Kita mau bangun Jakarta dengan pendekatan kolaborasi, pendeketan kerja bersama. Pemprov dengan unsur masyarakat untuk mencapai Wajah Baru Jakarta yang Maju Kotanya Bahagia Warganya," ucap Anies, Selasa (15/10/2019).

Wajah baru Jakarta ini pun nantinya sejalan dengan konsep City 4.0 yang memiliki prinsip utama pemerintah sebagai kolaborator dan warga menjadi ko-kreator.

"Cara yang efektif untuk mengetahui ini dibutuhkan masyarakat adalah dengan melibatkan masyarakat langsung, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan," ujarnya di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat.

Untuk mewujudkan Wajah Baru Jakarta ini, Pemprov DKI sendiri telah menjalan sejumlah program unggulan selama dua tahun kepemimpinan Anies.

Totalnya, ada 14 program unggulan yang telah dijalan Pemprov DKI, yaitu penataan trotoar, integrasi transportasi, pembangunan taman kota, pengadaan rumah DP nol rupiah, pembagian kartu kesejahteraan, distribusi pangan murah, dan perlindungan perempuan juga anak.

Pelabuhan Tanjung Priok Kedatangan Kapal Pesiar Mewah Explorer Dream

Sakit Hati Sering Dimarahi Jadi Motif ART di Depok Nekat Aniaya Anak Majikan

Selain itu, ada juga program makanan tambahan untuk anak sekolah, penyelenggaraan pagelaran bergengsi di Jakarta, perluasan penerimaan manfaat penggratisan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pengaspalan jalan kampung, akesibilitas Pulau Seribu hingga hibah untuk guru PAUD.

Beragam upaya yang telah dilakukan oleh Pemprov DKI dalam pembangunan kota pun mendapat sejumlah apresiasi dari dalam dan luar negeri.

Seperti, penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Pemda dengan Sistem Pengendalian Gratifikasi terbaik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Provinsi dengan Indeks Demokrasi Terbaik dari Badan Pusat Statistik (BPS) hingga penghargaan peningkatan kualitas layanan anak usia dini dari NGO International Save the Children Indonesia.

Sebanyak 14 program unggulan yang telah dijalankan selama dua tahun terakhir ini merupakan bukti komitmen Pemprov DKI dalam mewujudkan Wajah Baru Jakarta yang berbakti, berhati, berkolaborasi dan merangkul.

"Rencana pembangunan yang kita susun dan rencanakan untuk dituntaskan selama lima tahun ini sudah banyak yang jalan, tetapi masih inprogress dan memerlukan waktu," kata Anies.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved