Kabinet Jokowi Maruf0

Ini Daftar Menteri Jokowi Jilid 1 yang Terpental: Ada Wiranto, Susi dan Jonan

Nama lainnya yang juga terpental adalah Susi Pudjiastuti, yang lima tahun ini menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ini Daftar Menteri Jokowi Jilid 1 yang Terpental: Ada Wiranto, Susi dan Jonan
(KOMPAS.com/CHRISTOFORUS RISTIANTO)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat silaturahmi dengan pegawai Kemenko Polhukam, Jakarta, Sabtu (19/10/2019). 

TRIBUNJAKARTA.COM- Presiden Jokowi didampingi Wapres Ma'ruf Amin resmi mengumumkan dan melantik para menterinya di Kabinet Indonesia Maju untuk periode pemerintahan lima tahun ke depan, yakni 2019 sampai 2014, Rabu (23/10/2019) pagi.

Dari nama-nama menteri yang diumumkan dan dilantik pagi ini ini di Istana Negara, ada sejumlah nama yang kembali diangkat lagi jadi menteri. 

Ada yang posisinya bertahan. Ada juga yang bergeser mengikuti nomenklatur yang baru.

Sebut saja Airlangga Hartato, dari posisinya semula sebagai Menteri Perindustrian, kini diangkat lagi menjadi Menko Perekonomian.

Begitu juga sosok Muhadjir Effendy. Dari posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kini menjadi Menko PMK.

Tak bergeser jauh posisinya adalah Luhut Binsar. Dari posisi Menko Bidang Kemaritiman kini menjadi Menko Kemaritiman dan Investasi.

Menteri-menteri lainnya yang juga bertahan karena dipakai lagi oleh Jokowi di periode 5 tahun pemerintahannya ke depan adalah Pratikno yang ditempatkan sebagai Menteri Sekretaris Negara, lalu Tito Karnavian dari posisi Kapolri menjadi Menteri Dalam Negeri.

Kemudian, Retno LP Marsudi yang masih dipercaya memegang posisi Menteri Luar Negeri, kemudian Yasonna H Laoly yang juga bertahan sebagai Menteri Hukum dan HAM. 

Begitu juga Tjahjo Kumolo dari posisi Mendagri menjadi Menteri PAN-RB.

Berikutnya yang juga bertahan adalah Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Basuki Hadimuljono sebagai Menteri PUPR, Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan.

Halaman
1234
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved