Suhu di Tangerang Sampai 40 Derajat Celsius, Pemkot Tangerang Uji Coba Cat Pendingin Ruangan

"Kalau 40 derajat kan sumpek banget tuh, panas banget, enggak nyaman.Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja juga," harap Arief.

Suhu di Tangerang Sampai 40 Derajat Celsius, Pemkot Tangerang Uji Coba Cat Pendingin Ruangan
TribunJakarta/Ega Alfreda
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat peluncuran teknologi Coolroofs di SDN Pabuaran Tumpeng 1, Karawaci, Kamis (24/10/2019) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, KARAWACI - Cuaca ekstrem sedang melanda Provinsi Banten terutama Kota Tangerang yang panasnya bisa mencapai 40 derajat celcius.

Hal tersebut sudah dihitung dan dikeluarkan oleh Badan Meteoriogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa sejumlah kota di Indonesia akan mengalami cuaca ekstrem selama sepekan.

Bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia dan University of Florida, Pemerintahan Kota Tangerang mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi suhu di dalam dan di luar ruangan.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, Teknologi yang sedang dikembangkan itu adalah Collroofs Project yang baru saja diluncurkan hari ini, Kamis (22/10/2019).

"Salah satu penelitiannya adalah di luar itu kemarin itu suhunya 32 derajat, tapi di dalam ruangan suhunya 34 derajat. Bahkan di Mayora, yqng sedang diteliti itu di dalam kantin suhunya 40 derajat. Makanya setelah diimplementasi pengecetan Coolroofs ini dampak penurunannya seperti apa," ungkap Arief di SDN Pabuaran Tumpeng 1, Karawaci.

Dalam hal ini, lanjut Arief, peran Pemkot Tangerang hanya sebagai fasilitator yang menyediakan tempat untuk penelitian dan sumber daya manusia (SDM).

Diharapkan dari implementasi Coolroofs, cat tembok yang dapat menurunkan suhu panas itu dapat meningkatkan kinerja pegawai dan pelajar.

"Kalau 40 derajat kan sumpek banget tuh, panas banget, enggak nyaman. Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja juga," harap Arief.

Dikesempatan yang sama Wakil Rektor 4 UPI, Didi Sukyadi menjelaskan cara kerja dari Coolroofs ini yakni memantulkan cahaya matahari ke udara.

Sehingga dapat meminimalisir panas terik matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

"Coolroofs adalah cat yang bisa merefleksikan cahaya matahari ke udara sehingga akan lebih adem di ruangan. karena di Tangerang salah satu kota yang suhunya tinggi, banyak pabrik dan lain-lain sehingga suhunya bisa mencapai 40 derajat celsius," terang Didi.

Karena Takut, Buronan Kasus Dugaan Penganiyaan Ninoy Karundeng Menyerahkan Diri ke Polisi

Artis Sinetron Madun Ditangkap Polisi, Kasus Pemakai dan Mengedar Narkoba

Jadwal French Open 2019 Hari Ini: 11 Wakil Indonesia Main, Jonatan Lumayan Berat, Ginting Mudah

Bila Coolroofs berhasil diimplementasikan, maka masyarakat Tangerang tidak perlu dibebankan lagi untuk membeli pendingin ruangan atau AC.

Senada dengan Arief, Didi mengatakan kalau dinginnya suhu ruangan di pabrik diharapakan dapat meningkatkan produktivitas dari pekerja itu sendiri.

"Tidak hanya memasang cat tapi juga mengkaji hubungan antara pemasangan cat dengan penurusan suhu. penurunan suhu kaitan enggak dengan siswa semakin meningkat konsentrasi atau tidak. Kalau konsentrasi meningkat tentu kan hasil pembelajarannya akan bagus," papar Didi.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved