DPRD Kritik Pemprov DKI Gagap Antisipasi Hadirnya Pengguna Skuter Listrik di Jakarta

Gembong Warsono menilai hal ini bisa dilihat dari belum adanya regulasi yang mengatur penggunaan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

DPRD Kritik Pemprov DKI Gagap Antisipasi Hadirnya Pengguna Skuter Listrik di Jakarta
KOMPAS.com/HILEL HODAWYA
Sejumlah skuter listrik Grab Wheels diparkirkan di salah satu lokasi parkir GrabWheels di FX Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menilai Pemprov DKI Jakarta belum siap menerima fenomena skuter listrik atau escooter yang belakangan mewabah.

Menurutnya, hal ini bisa dilihat dari belum adanya regulasi yang mengatur penggunaan kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Pemprov DKI Jakarta sendiri baru sibuk menggodok regulasi tersebut setelah timbul korban jiwa dari pengguna skuter listrik dan rusaknya sejumlah Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) akibat dilintasi kendaraan itu.

"Pemprov DKI belum siap ini menerima perubahan-perubahan seperti itu sehingga gagap dalam mengantisipasi," ucapnya, Kamis (14/11/2019).

Dikatakan Gembong, Pemprov DKI Jakarta sendiri wajib memfasilitasi pengguna skuter listrik tanpa harus mengorbankan hak pejalan kaki.

Pasalnya, saat ini pengendara skuter listrik kerap melintas di trotoar dan jalan umum sehingga membahayakan keselamatan pengguna skuter dan orang lain di sekitarnya.

"Mereka perlu diberikan fasilitas, tapi jangan sampai mengganggu fasilitas yang lain," ujarnya saat dihubungi.

Sebelumnya, Dinas Bina Marga DKI Jakarta menyebut, tiga JPO yang berada di kawasan Senayan, yaitu JPO Polda Metro Jaya, JPO Gelora Bung Karno (GBK), dan JPO Bundaran Senayan rusak akibat ulah oknum yang mengendarai otoped di atasnya.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebut, JPO GBK mengalami kerusakan paling parah dibandingkan dua JPO lainnya.

Halaman
1234
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved