Pemberlakuan Tilang di Jalur Sepeda

VIDEO Melihat Pelanggaran Kendaraan Bermotor Masuk Jalur Sepeda di Kawasan Menteng

TribunJakarta mencoba menengok jalur sepeda yang ada di Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta Pusat.

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Mulai tanggal 25 November 2019, penindakan terhadap pengendara kendaraan bermotor yang melintas di jalur sepeda mulai dilaksanakan.

Dimana, para pelanggar yang melintas di jalur sepeda akan dikenakan pasal 287 Ayat 1 tentang Pelanggaran Rambu atau Marka Jalan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Sehingga, para pelanggar itu akan dikenakan denda maksimal sebesar Rp 500.000 atau pidana hingga 2 bulan.

"Pada hari Senin tanggal 25 November 2019, Ditlantas Polda Metro Jaya akan melakukan tindakan represif yustisial atau penilangan apabila ada pengemudi yang melakukan pelanggaran lalu lintas memasuki jalur sepeda," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Minggu (24/11/2019) lalu.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, telah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 128 tahun 2019 mengenai Penyediaan Jalur Sepeda. Penindakan terhadap pelanggar itu, mengacu kepada pergub tersebut.

Adapun Lajur sepeda sebagaimana yang dimaksud pada ayat 1 dan ayat 2 Pergub 128 tahun 2019 itu berlokasi pada ruas jalan sebagai berikut :

Jalan Medan Merdeka Selatan, M.H. Thamrin, Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Salemba Raya, Proklamasi, Penataran, Pramuka, Pemuda, Jenderal Sudirman, Sisingamangaraja, Panglima Polim, RS. Fatmawati Raya, Tomang Raya, Kyai Caringin, Cideng Timur, Cideng Barat, Kebon Sirih, Fachrudin, Matraman Raya, Jatinegara Barat dan Jatinegara Timur.

Nah, pada hari ke dua penerapan sanksi tersebut, TribunJakarta mencoba menengok jalur sepeda yang ada di Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

Tepatnya pada hari Selasa, 26 November 2019 sekitar pukul 17.30 WIB.

Seperti apa pelaksanaan aturan tersebut di Jalan Imam Bonjol?

Berikut videonya.

Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved