Kontroversi Anggaran DKI Jakarta

DPRD dan Pemprov DKI Jakarta Sepakati Rancangan APBD 2020 Rp 87,9 Triliun

Dkumen Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020 DKI Jakarta disahkan dan nominalnya Rp 87,9 triliun.

DPRD dan Pemprov DKI Jakarta Sepakati Rancangan APBD 2020 Rp 87,9 Triliun
TribunJakarta.com/Dion Arya Bima Suci
Pimpinan DPRD DKI Jakarta dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menandatangani MoU KUA-PPAS 2020 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Pembahasan dokumen Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk APBD 2020 DKI Jakarta sempat jadi sorotan publik.

Pasalnya, sejumlah anggota DPRD DKI Jakarta menemukan beberapa usulan anggaran siluman di dokumen KUA-PPAS yang disusun Pemprov DKI Jakarta.

Sebut saja, anggaran lem aibon sebesar Rp 83,8 miliar dan pengadaan bolpoin senilai Rp 123,8 miliar.

Meski sempat menjadi polemik, akhirnya DPRD dan Pemprov DKI Jakarta menyepakati nilai KUA-PPAS 2020 sebesar Rp 87,9 triliun.

Kesepakatan kedua belah pihak ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung siang tadi dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.

Setelah disepakati bersama, KUA-PPAS 2020 ini akan menjadi dasar bagi Pemprov DKI dalam menyusun peraturan daerah (Raperda) tentang APBD 2020.

"Pemerintah daerah harus melaksanakan proses penyusunan APBD Provinsi DKI Jakarta tahun anggaran 2020, mulai dari pembahasan, rancangan, KUA-PPAS oleh DPRD DKI Jakarta untuk dibahas dan disepakati bersama," ucap Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dalam rapat paripurna, Kamis (28/11/2019).

"Dan juga menjadi dasar pemerintah daerah untuk menyusun dan menyampaikan dan membahas peraturan daerah tentang APBD DKI Jakarta 2020," lanjutnya.

Sebelum disepakati bersama, nominal dalam dokumen KUA-PPAS 2020 ini sempat beberapa kali mengalami perubahan.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved