Reuni 212

Reuni Akbar Mujahid 212 di Monas Menghasilkan 29,5 Ton Sampah

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, plastik menjadi jenis sampah paling dominan yang dihasilkan oleh massa aksi

Reuni Akbar Mujahid 212 di Monas Menghasilkan 29,5 Ton Sampah
TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci
Petugas PPSU tengah membersihkan sampah sisa aksi reuni akbar mujahid 212 di kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat pagi tadi, Senin (2/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Aksi reuni akbar mujahid 212 yang dihelat di kawasan Monas sejak Senin (2/12/2019) dini hari tadi menghasilkan 80 meter kubik atau setara dengan 29,5 ton sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, plastik menjadi jenis sampah paling dominan yang dihasilkan oleh massa aksi reuni 212 ini.

"Total timbunan sampah 80 meter kubik atau 29,5 ton. Paling banyak sampah botol minuman dan bungkus makanan," ucapnya, Senin (2/12/2019).

Sebanyak 425 orang petugas kebersihan pun dikerahkan untuk membersihkan timbunan sampah di sekitar kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

"Kami juga support anggota dilapangan dengan beberapa armada kebersihan, seperti delapan unit road sweeper hingga dua unit truk angkut," ujarnya saat dikonfirmasinya.

Proses pengerjaan pun berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Sejumlah sampah tampak menumpuk di sekitar kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat pagi tadi, Senin (2/12/2019).
Sejumlah sampah tampak menumpuk di sekitar kawasan Monas, Gambir, Jakarta Pusat pagi tadi, Senin (2/12/2019). (TribunJakarta.com/Dionisius Arya Bima Suci)

PT LIB Belum Terima Surat Pemindahan Lokasi Pertandingan Bhayangkara FC Vs Persija Jakarta

Gugatan Ditolak, Korban First Travel Siap Ajukan Banding

"Pukul 10.00 WIB saat massa aksi ulai meninggalkan lokasi, petugas kebersihan mulai bergerak dan pukul 13.00 WIB sudah steril," kata Andono.

Andono pun mengucapkan terimakasih kepada peserta aksi ini yang turut membantu pihaknya dalam mengumpulkan sampah sisa-sisa kegiatan reuni akbar mujadi 212 ini.

"Tidak ada kesulitan dalam penanganan sampah hari ini. Petugas juga dipermudah dengan inisiatif peserta yang mengumpulkan sampah secara mandiri," tuturnya.

Selanjutnya, timbunan sampah ini dipilah terlebih dahulu dan selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

"Dipilah seberat 1,18 ton dan sisanya 28,3 ton dibawa ke Bantar Gebang," ucapnya.

"Yang dipilah langsung dibawa ke bank sampah terdekat," tambahnya menjelaskan.

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved