Kenali Produk Matcha Asli dengan Tiruan: Berikut Tips Membedakannya

matcha yang asli melalui proses pengolahan yang begitu rumit sehingga tidak mungkin dibandrol dengan harga yang sangat murah.

Kenali Produk Matcha Asli dengan Tiruan: Berikut Tips Membedakannya
Kompas.com/Roderick Adrian Mozes
Matcha diseduh sambil diaduk-aduk dengan pengaduk terbuat dari bambu. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, SETIABUDI - Matcha, merupakan bubuk olahan daun teh hijau yang memiliki cita rasa pekat dan sedikit pahit.

Dikenal dari negara Jepang, kini masyarakat Indonesia sudah banyak yang menyukai matcha untuk dijadikan sebagai pilihan minuman sehari-hari.

Namun, tahu kah kamu bagaimana cara membedakan produk matcha yang asli dengan tiruan?

Pakar teh dari Indonesia Tea Institute Ratna Soemantri mengatakan, bahwa matcha yang asli memiliki banyak ciri-ciri yang mudah sekali dikenali apabila dibandingkan dengan produk tiruan.

Salah satunya yang paling mudah dibedakan, adalah dari segi harganya.

Menurut dia matcha yang asli melalui proses pengolahan yang begitu rumit sehingga tidak mungkin dibandrol dengan harga yang sangat murah.

"Banyak matcha yang ternyata saat diminum itu bukan matcha. Satu yang pasti kalau sangat murah sekali itu sudah pasti bukan matcha (asli). Misalnya ada yang jual matcha latte seharga Rp 5 ribu, itu sudah pasti bukan (asli) karena proses membuat matcha itu sangat complicated. Jadi gak mungkin matcha dijual dengan harga sangat murah," kata Ratna, Selasa (14/1/2020).

Menurut Ratna, banyak masyarakat yang tertipu dengan berbagai produk matcha yang dijual di pasaran.

Meski terkadang harga produk tersebut juga cukup mahal, nyatanya hal itu bukan jaminan bahwa produk tersebut adalah produk asli matcha.

Halaman
123
Penulis: Pebby Ade Liana
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved