Imlek 2020

Mulai 22 Januari Hingga Tahun Baru Imlek, Kelenteng Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat Buka 24 Jam

Wihara Dharma Bakti atau Kelenteng Petak Sembilan di kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat akan dibuka 24 jam penuh saat Tahun Baru Imlek.

Mulai 22 Januari Hingga Tahun Baru Imlek, Kelenteng Petak Sembilan Glodok Jakarta Barat Buka 24 Jam
TRIBUNJAKARTA.COM/ELGA HIKARI PUTRA
Umat beribadah di Wihara Dharma Bakti atau Klenteng Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (17/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Elga Hikari Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CENGKARENG - Wihara Dharma Bakti atau Kelenteng Petak Sembilan di kawasan Pecinan, Glodok, Jakarta Barat akan dibuka 24 jam penuh mulai tanggal 22 hingga 25 Januari 2020 atau saat Tahun Baru Imlek.

"Mulai tanggal 22 sampai hari Imlek tanggal 25 disini buka 24 jam karena di tanggal itu umat terus berdatangan ke sini untuk beribadah," kata Rasyid, petugas keamanan Wihara Dharma Bakti, Jumat (17/1/2020).

"Kalau sekarang kita bukanya masih normal dari Pukul 5 pagi sampai jam 8 malam," sambungnya.

Rasyid mempediksi bahwa Wihara Dharma Bakti  saat Imlek nanti akan dibanjiri orang, tak hanya tang akan beribadah namun juga yang sekadar ingin melihat perayaan Imlek di tempat ini.

"Karena ini kan yang paling tua dan bersejarah di Jakarta pasti selalu ramai kalau Imlek bahkan banyak yang daru luar kota juga datang ke sini," ujarnya.

Saat ini dalam menyambut Tahun Baru Imlek 2571 yang akan berlansung pada Sabtu (25/1/2020) pekan depan, sejumlah persiapan terus dilakukan di wihara yang cukup ikonik di Jakarta ini.

Para petugas terlihat sedang mencuci puluhan lampion yang nantinya akan dipasang sebagai hiasan di saat Imlek.

Sedangkan di bagian dalam wihara, petugas tengah mengecat tiang dan tembok dengan warna merah yang merupakan simbol bangunan Tionghoa.

Selain itu, ada pula para petugas yang sedang mengepak hio dan lilin yang akan digunakan sebagai dupa untuk umat beribadah.

"Sekarang masih bersih-bersih lampion karena kan jumlahnya cukup banyak. Hari Senin baru kita mencuci patung-patung yang ada di dalam," kata Rasyid.

Pantauan TribunJakarta.com Pukul 16.30 WIB kendati wihara masih berbenah, ada beberapa umat yang sedang beribadah di tempat ini.

Selain itu, ada pula wisatawan yang megunjungi tempat ibadah untuk sekadar melihat suasana di dalam wihara.

Penulis: Elga Hikari Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved