Jakarta Tergenang

Kampung Pulo Banjir 1 Meter, Toa Peringatan Kembali Tak Berfungsi

Warga Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu kembali mempertanyakan fungsi alat peringatan dini banjir yang terpasang di RW 03.

Kampung Pulo Banjir 1 Meter, Toa Peringatan Kembali Tak Berfungsi
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Toa peringatan dini banjir yang terpasang di wilayah RW 03 Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (24/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Warga Kampung Pulo, Kelurahan Kampung Melayu kembali mempertanyakan fungsi alat peringatan dini banjir yang terpasang di RW 03.

Setelah pada banjir Rabu (1/1/2020) empat toa yang bertengger di tiang Jalan Jatinegara Barat tak berfungsi sama sekali.

Pada Jumat (24/1/2020) pagi, toa kembali tak berfungsi meski permukiman warga RW 03 terendam banjir dengan ketinggian sekitar 1 meter.

"Banjir tadi pagi toanya juga enggak berfungsi. Sepertinya rusak, tapi enggak tahu sudah diperbaiki atau belum," kata satu warga Kampung Pulo, Nasir di Jakarta Timur, Jumat (24/1/2020).

Beruntung banjir pagi tadi tak sampai memaksa warga RW 03 Kampung Pulo mengungsi dan surut sekira pukul 12.00 WIB.

Banjir surut setelah pompa Sudin SDA Jakarta Timur dikerahkan menguras air dari rumah warga lalu dibuang ke Kali Ciliwung.

"Rusaknya sudah lama, saya enggak ingat persisnya. Katanya sih kemarin mau diperbaiki, tapi enggak tahu sudah atau belum. Pokoknya tadi enggak fungsi," ujarnya.

Terpisah Camat Jatinegara Asril Rizal membenarkan bila toa peringatan dini banjir yang terpasang dekat Pos RW 03 memang tadi tak berfungsi.

Namun dia tak tahu sebab tak berfungsinya, atau apa toa sudah diperbaiki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Warga Sebut Drainase Buruk dan Curah Hujan Tinggi Jadi Penyebab Banjir Rendam Underpass Kemayoran

Pakai Masker Antisipasi Virus Corona, Warga Diminta Lapor Jika Demam, Batuk & Gangguan Pernafasan

"Kalau untuk sudah diperbaiki atau tidak saya enggak tahu, karena BPBD DKI juga enggak koordinasi dengan Kecamatan. Untuk operasionalnya tanyakan ke BPBD DKI," tutur Asril.

TribunJakarta.com telah berupaya mengonfirmasi apa toa di RW 03 tak berfungsi karena banjir pagi tadi akibat hujan lokal ke Kepala BPBD DKI Subejo.

Namun hingga berita ditulis, upaya konfirmasi apakah toa juga berfungsi memperingatkan warga saat banjir akibat hujan lokal tak membuahkan hasil.

Penulis: Bima Putra
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved