Breaking News:

Anies Sulap RTH Ahok Pusat Kuliner

Pusat Kuliner di RTH Pluit Karang Indah Timur Disebut Hanya 11 Persen dari Total Luas Lahan

Pembangunan pusat kuliner ini menuai protes beberapa pihak lantaran dinilai menyalahi fungsi RTH atau ruang terbuka hijau.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Lahan hijau di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (5/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, PENJARINGAN - Lahan ruang terbuka hijau (RTH) seluas 2,3 hektare di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, tengah dibangun Pemprov DKI Jakarta.

Pembangunan ini menuai protes beberapa pihak lantaran dinilai menyalahi fungsi RTH pada lahan yang akan dibangun pusat kuliner itu.

Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kecamatan Penjaringan, Purwanto berpendapat lain.

Ia menilai pembangunan di bawah BUMD PT Jakarta Utilitas Propertindo (JUP) ini sudah sesuai dengan fungsi lahannya.

Menurut dia, fungsi RTH di lahan ini juga akan tetap ada, lantaran sesuai perencanaan, hanya 11 persen dari keseluruhan luas lahan yang akan dijadikan pusat kuliner.

"Jadi, nggak betul isunya pengalihan RTH jadi kuliner itu ga betul. Memang ada (pusat kuliner), itu adalah dari 11 persen itu," kata Purwanto saat ditemui di lokasi, Rabu (5/2/2020).

Purwanto menuturkan, nantinya pusat kuliner di dalam lahan itu akan diisi sejumlah pedagang kaki lima, di antaranya mereka yang dulu pernah tergusur ketika berjualan di sana.

Adapun konsep pusat kulinernya akan menjadi satu kesatuan dan terpisah dari 89 persen bagian lahan lainnya yang difungsikan sebagai ruang interaksi warga.

Purwanto mengklaim, pusat kuliner itu tidak akan mengganggu dan terlihat kumuh. PKL yang berjualan di sana juga dilarang menjadikan lapaknya sebagai tempat tinggal.

Halaman
123
Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved