Warga Geruduk AEON Mall Cakung

Buka Suara Soal Perusakan Mall Aeon Cakung, Sekda DKI: Pengelola JGC Belum Tuntaskan Kewajibannya

Sekda DKI Jakarta Saefullah buka suara soal aksi anarkis yang dilakukan sekelompok warga di kawasan Jakarta Garden City (JGC) Cakung Jakarta Timur.

Buka Suara Soal Perusakan Mall Aeon Cakung, Sekda DKI: Pengelola JGC Belum Tuntaskan Kewajibannya
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Kondisi AEON Mall Cakung, Jakarta Timur, setelah digeruduk massa pada Selasa (25/2/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, MENTENG - Sekda DKI Jakarta Saefullah buka suara soal aksi anarkis yang dilakukan oleh sekelompok warga di kawasan Jakarta Garden City (JGC), Cakung, Jakarta Timur.

Adapun aksi anarkis itu dilakukan warga untuk meminta pertanggungjawaban pihak pengelola JGC atas banjir yang menenggelamkan pemukiman mereka.

Menanggapi hal tersebut, Saefullah mengatakan, kemarahan warga ini dipicu oleh pengelola JGC yang hingga kini belum menunaikan kewajiban yang tertuang dalam Surat Izin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIIPT).

Dalam surat perjanjian itu, disebutkan bahwa pengelola JGC memiliki kewajiban membuat sarana dan prasarana untuk mencegah banjir di sekitar kawasan tersebut.

"Salah satunya dengan menuntaskan waduk dengan fasilitasnya pompa dan saluran yang memadai. Itu kewajiban yang tetuang dalam SIPPT," ucapnya, Selasa (25/2/2020).

Selain itu, Saefullah mengaku, pihaknya juga telah memberi masukan kepada pengelola JGC untuk membuat sodetan guna menanggulangi banjir di sekitar kawasan itu.

Nantinya, sodetan itu berfungsi untuk mengalirkan air di sekitar kawasan JGC langsung ke Kanal Banjir Timur (KBT).

"Kemarin sudah kita kasih saran untuk dibuat sodetan dari JGC ke KBT yang memang punya dampak ke selatan maupun ke utara," kata Saefullah.

Seperti diberitakan sebelumnya, sekelompok warga Kecamatan Cakung, Jakarta Timur menggeruduk Balai Jakarta Garden (JGC) dan mall Aeon Cakung, Selasa (25/2/2020) siang.

Halaman
12
Penulis: Dionisius Arya Bima Suci
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved