20 Ribu Kantong Darah Disiapkan di Kota Tangerang Menjelang Bulan Suci Ramadan 2020

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang tengah mempersiapkan stok darah jelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 2020.

TribunJakarta.com/Novian Ardiansyah
Stok kantong darang di ruang penyimpanan di Kantor PMI Jakarta Barat, Jumat (25/5/2018). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Ega Alfreda

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang tengah mempersiapkan stok darah jelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 2020.

Untuk bulan suci Ramadan tahun ini, PMI Kota Tangerang menyiapkan 20.000 kantong darah.

Kepala Bagian Tata Usaha Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang, Hudaibi Alkamili mengatakan hingga saat ini sudah terkumpul sekira 9.000 kantong darah untuk persiapan Ramadan.

"Kami juga sedang persiapan penyediaan stok menjelang bulan puasa dan pasca Idul Fitri sebanyak 20 ribu kantong (kantong darah)," kata Hubaidi di Kantor PMI Kota Tangerang, Selasa (10/2/2020).

Sementara, Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang, Ade Kurniawan mengatakan, pada hari normal stok kantong darah yang tersedia antara 200-300 kantong.

Namun, saat bulan puasa pihaknya memprediksikan akan menyiapkan stok nya sebanyak 20.000 kantong darah sampai Hari Raya Idul Fitri.

"Biasanya jumlah pendonor di bulan puasa menurun sampai 60-70 persen pada H-7 hingga H+14 pascalebaran. Di bulan puasa, tahun ini kita tingkatkan stok kantong darah,” tutur Ade

Menurut Ade, hingga kini sudah mencapai sampai 60 persen dari target yang sudah ditentukan.

"Alhamdulillah saat ini sudah mencapai 60 persen kantong darah. Dimana, perharinya ketersediaan stok kita mencapai 300-400 kantong darah,” terang Ade.

Ini Lokasi Pelayanan SIM Keliling dan Samling Hari Ini di Jakarta, Rabu (11/3/2020)

Tarif Iuran BPJS Kesehatan Batal Naik, Berikut Daftar Harga Terbarunya: Rp 25 Ribu untuk Kelas 3

Untuk langkah antisipasi yang dilakukan saat ini, pihaknya terus gencar mengadakan donor darah di perusahaan dan mal yang sudah bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang.

Lanjut Ade, saat bulan puasa pihaknya telah menyiapkan pendonor yang non-muslim untuk berpartisipasi juga dalam melaksanakan donor darah.

"Pendonor yang nonmuslim kita geser agar berdonor di bulan puasa. Kita juga sudah lakukan kerja sama beberapa masjid dan mal untuk penjemputan pendonor usai salat tarawih," tandasnya.

Penulis: Ega Alfreda
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved