Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Senyum Dokter Handoko Gunawan dari Bilik Karantina: Pesan untuk Tim Medis dan Bahaya Corona

Semangat dokter Handoko Gunawan masih menggebu memotivasi tim medis yang menangani virus corona atau Covid-19. Ini kondisi terbaru dan fotonya.

Editor: Y Gustaman
Tangkapan Layar WartaKotalive
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyapa dokter Handoko Gunawan lewat video call (Kolase Wartakotalive/Instagram) 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Beberapa hari harus beristirahat, semangat dokter Handoko Gunawan masih menggebu memotivasi tim medis yang menangani virus corona atau Covid-19.

Kisah dokter spesialis paru berusia 80 tahun di Rumah Sakit Graha Kedoya Jakarta Barat, ini viral di media sosial karena dedikasinya membantu menyembuhkan pasien terpapar virus corona.

Tribun Network berkesempatan mewancarai dokter Handoko Gunawan yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Persahabatan, Jakarta Timur, lewat tanya jawab tertulis.

"Saya belum kuat diwawancara," ucap dokter Handoko Gunawan kepada Tribun Network, Senin (23/3/2020). 

Kepada seluruh tenaga medis di Indonesia, dokter Handoko Gunawan berpesan, untuk tidak takut, namun tidak mengabaikan keselamatan serta kesehatan saat bertugas.

"Tenaga medis jangan takut," ujar dokter Handoko Gunawan.

Ia berpesan kepada tenaga medis untuk berhati-hati, sebab virus corona atau Covid-19 ini kemungkinan bisa menyebar di udara.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan kemungkinan penularan virus corona melalui udara atau airborne.

Dalam sebuah studi terbaru yang diterbitkan New England Journal of Medicine, Rabu (18/3/2020), para peneliti menemukan virus corona, SARS-CoV-2 yang keluar melalui droplet saat batuk atau bersin tetap stabil di dalam aerosol selama tiga jam.

"Tapi hati-hati sekali virus ini sangat lihai menyebar di udara 8 jam, kecil sekali 120 nm," sambung dokter Handoko Gunawan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved