Virus Corona di Indonesia

Dana Ujian Nasional yang Dialihkan untuk Penanganan Covid-19, Harus Diawasi Supaya Tepat Sasaran

Namun Debby meminta agar penyerapan anggaran diawasi dan tepat sasaran.

Dana Ujian Nasional yang Dialihkan untuk Penanganan Covid-19, Harus Diawasi Supaya Tepat Sasaran
ISTIMEWA/Dokumentasi pribadi
Anggota Komisi X DPR RI Debby Kurniawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota komisi X DPR RI Debby Kurniawan sepakat dengan langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang merealokasi anggaran untuk menanggulangi persebaran virus corona atau Covid-19.

Namun Debby meminta agar penyerapan anggaran diawasi dan tepat sasaran.

"Semua elemen bangsa harus bahu membahu untuk mencegah virus corona. Dan terpenting realokasi anggaran harus diawasi, agar penyerapan tepat sasaran," kata Debby Kurniawan di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Politisi Partai Demokrat ini menuturkan, rencananya realokasi anggaran yang diusulkan Mendikbud akan segera dibahas dalam rapat kerja (Raker).

Realokasi anggaran yang diajukan berasal dari anggaran ujian nasional (UN) yang batal dilaksanakan dan efisiensi anggaran perjalanan dinas.

"Total realokasi anggaran yang diajukan adalah Rp405 miliar dan akan difokuskan pada peningkatan kapasitas dan kapabilitas rumah sakit (RS) pendidikan," ujarnya.

Dari total nilai tersebut, Rp250 miliar bakal digunakan untuk menyiapkan tiga belas rumah sakit pendidikan rujukan dan tiga belas fakultas kedokteran menjadi Test Center Covid-19.

Selain itu, anggaran juga dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas RS Pendidikan.

Rencananya, RS ini digunakan untuk menampung dan menangani pasien Covid-19.

"Ini sifatnya mendesak, karena korban yang terpapar virus Corona terus meningkat. Jadi peningkatan SDM RS Pendidikan kita harapkan bisa berkontribusi mencegah pandemi virus Corona," katanya.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved