Warga Tutup Jalan Inspeksi Kalimalang

Bantah Lockdown Jalan Inspeksi Kalimalang, Eko Sebut Itu Karantina Wilayah, Warga Masih Keluar Masuk

Warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu membantah penutupan akses Jalan Inspeksi Kalimalang menuju permukiman mereka sebagai lockdown.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Penutupan akses jalan menuju permukiman warga di Jalan Inspeksi Kalimalang, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (29/3/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, MAKASAR - Warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu membantah penutupan akses Jalan Inspeksi Kalimalang menuju permukiman mereka sebagai lockdown.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 RW 04, Eko Ariyanto mengatakan lockdown bukan istilah yang disepakati warga saat menutup jalan.

"Istilah lockdown tidak ada dalam pengurus kami, yang kami laksanakan di imbauan dan banner yang kita adalah imbauan untuk selalu social distancing, menjaga jarak," kata Eko di Makasar, Jakarta Timur, Minggu (29/3/2020).

Menurutnya kata yang tepat menyebut penutupan jalan dengan memasang baja ringan sejak Sabtu (28/3/2020) yakni karantina wilayah.

Baja ringan dengan panjang sekitar 30 meter dan tinggi 2 meter itu merupakan bantuan dari PT Wika yang disebut warga sebagai pinjaman.

Sempat Ada Penutupan Jalan Tol, PT Jasa Marga Pastikan Operasional Tol Tetap Normal

"Jadi istilah lockdown enggak tahu siapa yang mengedarkan. Jadi istilahnya karantina wilayah, tidak ada istilah lockdown," ujarnya.

Spanduk penutupan Jalan Inspeksi Kalimalang menuju permukiman warga RW 04, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (29/3/2020).
Spanduk penutupan Jalan Inspeksi Kalimalang menuju permukiman warga RW 04, Makasar, Jakarta Timur, Minggu (29/3/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Eko menuturkan penutupan tersebut telah disepakati pengurus RW 04 guna mencegah penularan Covid-19 di wilayah mereka.

Rencananya warga membuat pos jaga lengkap dengan penyemprotan disinfektan bagi setiap orang yang hendak masuk permukiman.

Kompetisi Liga 1 2020 Terancam Setop karena Covid-19, Ketum PSSI Bicara Kontrak Pemain

"Ke depannya kita akan menyiapkan penyemprotan disinfektan. Ini salah satu langkah kami, perlahan-perlahan karena ini keputusan bersama, anggaran dan sebagainya," tuturnya.

Halaman
12
Penulis: Bima Putra
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved