Info Tekno

Penggunaan Aplikasi Video Conference Kian Populer, Mana yang Paling Hemat Data?

Di tengah wabah Covid-19 yang mengharuskan sejumlah pegawai melakukan wfh, membuat aplikasi video conferencing untuk tatap muka dari jauh makin popule

engadget.com
Fitur group video calling di WhatsApp 

TRIBUNJAKARTA.COM - Di tengah wabah Covid-19 yang membuat para karyawan kantor terpaksa bekerja dari rumah, popularitas aplikasi video conferencing untuk tatap muka dari jauh meroket.

Melihat fenomena tersebut, Hutchison 3 (Tri) Indonesia berinisiatif melakukan pengujian internal terhadap empat aplikasi telekonferensi populer, yakni Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, untuk menemukan mana yang paling irit dalam hal penggunaan data internet.

Sebab, kelancaran fungsi aplikasi video conferencing memang bergantung pada bandwidth yang cukup supaya pembicaraan bisa berlangsung mulus tanpa lag atau jeda yang mengganggu.

Rapid Test di Jakarta Selatan: 4.000 Warga Diperiksa, 35 Positif Covid-19

Pengujian Tri dilakukan dengan menggunakan perangkat yang sama untuk konferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Dari sini ditemukan bahwa Zoom ternyata paling irit data dengan kebutuhan bandwidth sekitar 700 Kbps.

Skype, Hangouts, dan Webex menyusul setelahnya secara berturut-turut.

Hasil pengujian kebutuhan bandwidth dari aplikasi telekonferensi Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype oleh Tri. (Tri Indonesia)
Hasil pengujian kebutuhan bandwidth dari aplikasi telekonferensi Hangouts, Zoom, Webex, dan Skype oleh Tri. (Tri Indonesia) (Tangkapan Layar Kompas.com)

“Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil, juga sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk konferensi,” tulis Tri dalam keterangan pers, Rabu (1/4/2020).

Sebaliknya, lanjut Tri, aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Kebutuhan bandwidth tiap aplikasi bisa bervariasi, tergantung perangkat yang digunakan.

Tri mencatat bahwa akses terhadap keempat layanan telekonferensi di atas meningkat hingga 693 persen dalam dua pekan setelah work from home diberlakukan, dibandingkan dengan sebelumnya.

Untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggannya, Tri menyediakan produk AlwaysOn dengan kuota unlimited pada pukul 01.00 hingga 17.00, yang bisa dipakai mengakses aplikasi-aplikasi untuk work from home ataupun study from home.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Mana yang Paling Irit Data?"

Editor: Muji Lestari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved