Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Hari Pertama Larangan Mudik, Polisi Paksa 70 Bus AKAP Putar Balik di Perbatasan Bekasi-Karawang

Hari pertama larangan mudik Lebaran 2020, 70 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) diputarbalikkan polisi di perbatasan Kabupaten Bekasi - Karawang.

Kompas.com/Jasa Marga
Tol Layang Jakarta-Cikampek ditutup 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, KEDUNGWARINGIN - Hari pertama larangan mudik Lebaran 2020, sebanyak 70 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) diputarbalikkan polisi di perbatasan Kabupaten Bekasi - Karawang, Jumat, (24/4/2020).

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Rachmat Sumekar mengatakan, pihaknya dalam operasi penyekatan arus mudik dari Jabodetabek fokus pada jalur arteri yang mejadi akses menuju Pantura.

Terdapat tiga titik utama penyekayan, pertama di Jalan Raya Rengas Bandung Kedungwaringin, ke dua akses jalan di Cibarusah dan yang ke tiga di Pebayuran.

"Untuk di wilayah Jalan Rengas Bandung di Kedungwaringin itu kurang lebih ada 70 bus AKAP yang kita putarbalikan," kata Racmat saat dikonfirmasi.

Covid-19 Ganggu Sepak Bola di Dunia, Mimpi Bagus Kahfi Bermain di Eropa Harus Terganjal

Racmat menjelaskan, untuk awal pelaksaan penyekatan ini, pihaknya belum menerapkan sanksi. Kendaraan hanya diberiman peringatan dan diharuskan putarbalik.

"Untuk sanksi kita belum karena masih tahap sosialisasi jadi kita kasi peringatan sama putarbulik saja," jelsnya.

"Kalau di Cibarusah agak sepi karena jalannya bukan pilihan bus untuk mudik jadi hanya warga sekitar saja yang lewat situ," tambah dia.

Wanita Cantik Mantan Aspri Suami Muncul, Sang Istri Pembunuh Hakim Jamaluddin Ucapkan Ini

Puluhan bus AKAP ini menurut dia, merupakan angkutan yang beragkat dari wilayah Jakarta dan Kota Bekasi.

"Ada yang lolos dari Jakarta dan Kota Bekasi kemudian tujuannya ada yang ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur," ucapnya.

Selain di tiga titik utama itu, Polres Metro Bekasi juga melakukan penjagaan di beberapa ruas jalan yang menjadi pintu masuk kendaraan ke wilayah Kabupaten Bekasi.

Rachmat menambah, untuk akses jalan tol, penyekatan juga dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Mensos Minta Ketua RT/RW Tak Beri Sembako ke Warga yang Mampu

"Tetep kita akan melakukan seperti ini, kita akan cek satu per satu kendaraan yang akan melintas di wilayah perbatasan Bekasi Karawang kemungkinan bila itu membawa penumpang yang akan mudik nanti tetep akan kita putarbalikan kendaraanya," tegas dia.

Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved