Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

BPTJ: Hanya Terminal Terpadu Pulo Gebang Jakarta Timur yang Layani Bus AKAP

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Dirjen Perhubungan Darat dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tinjau Terminal Terpadu Pulo Gebang

TRIBUNJAKARTA.COM/NUR INDAH FARRAH AUDINA
Suasana di Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (9/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Nur Indah Farrah Audina

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Dirjen Perhubungan Darat dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) tinjau Terminal Terpadu Pulo Gebang Cakung, Jakarta Timur.

Peninjauan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19).

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan kriteria pengecualian, yakni perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayananan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, pelayanan fungsi ekonomi penting.

Kriteria selanjutnya ialah, perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia, serta Repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), WNI dan pelajar/mahasiswa yang berada di luar negerti, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal, sesuai dengan ketentuan berlaku.

Kemenhub Keluarkan Surat Izin Operasional, Terminal Tanjung Priok Masih Kosong dari Bus AKAP

"Hari ini untuk memenuhi tuntutan SE Nomor 4 Tahun 2020, maka Kemenhub membuka layanan buat masyarakat yang memiliki kepentingan perjalanan yang dikecualikan selama PSBB. Dan, untuk Jakarta yang dibuka itu hanya Terminal Terpadu Pulo Gebang untuk terminal lainnya tidak dibuka layanan AKAP," Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo di lokasi, Sabtu (9/5/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, selain Syafrin, Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana Pramesti turut hadir dalam peninjauan tersebut.

Mereka memastikan mulai dari pengamanan hingga mekanisme yang akan dilalui oleh calon penumpang, seperti penggunaan masker hingga pengecekan kelengkapan dokumen.

Tutup Outlet Imbas Covid-19, Persija Store Jual Merchandise Via Online

"Hari ini kita ke Terminal Pulogebang melihat pelaksanaan langsung bagaimana (implementasi) pembatasan perjalanan. Sebetulnya tetap saya sampaikan ya, ini Pemerintah tegas tetap melaksanakan dilarang mudik," jelas Irjen Pol Istiono.

"Oleh karena itu kepolisian melaksanakan operasi ketupat 2020 ialah operasi kemanusiaan, yang mengedepankan persuasif dan humanis, yang lebih mengedepankan kesadaran masyarakat," tandasnya

Penulis: Nur Indah Farrah Audina
Editor: Suharno
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved