Info Kesehatan

Apa Saja Sih Manfaat Yoga? Yuk Simak Mulai Dari Kesehatan Tubuh hingga Mental

Rutin melakukan yoga tak hanya membuat tubuh terasa bugar. Riset membuktikan, rutin yoga juga membantu mereka yang mengalami depresi.

Instagram
Syahrini saat latihan Yoga. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Rutin melakukan yoga tak hanya membuat tubuh terasa bugar. Riset membuktikan, rutin yoga juga membantu mereka yang mengalami depresi.

Depresi bukan hal yang bisa kita sepelekan karena dampaknya bisa sangat fatal. Menurut National Institute of Mental Health, depresi bisa berdampak buruk pada perasaan, pikiran.

Bahkan, depresi juga menganggu fungsi sehari-hari dan kondisi fisik penderitanya. Depresi terkadang muncul bersamaan dengan masalah kesehatan mental lainnya, seperti kecemasan dan psikosis.

Menurut artikel di Journal of Affective Disorders, kuranganya aktivitas fisik bisa memicu depresi. Itu sebabnya, para ahli merekomendasikan kita untuk rutin berolahraga demi menjaga kondisi fisik dan mental kita.

Bahkan, riset dalam Journal of Psychiatric Research menunjukkan bahwa aktivitas fisik adalah pengobatan yang efektif untuk depresi.

Di sisi lain, riset dalam American Psychological Association juga membuktikan manfaat latihan mindfulness untuk mengobati kecemaan, depresi, dan berbagai gangguan suasana hati.

Manfaat yoga untuk penderita depresi

Yoga merupakan aktivitas yang melibatkan fisik dan praktik mindfulness. Oleh karena itu, latihan ini dinilai efektif untuk pengobatan depresi.

Riset yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine telah membuktikan manfaat yoga untuk mengatasi depresi.

Dalam riset tersebut, peneliti melibatkan orang dewasa berusia 18 tahun ke atas yang telah didiagnosis mengalami gangguan kesehatan mental. Peserta dalam riset diminta untuk melakukan yoga yang mencakup minimal 50 persen gerakan fisik dalam setiap sesi yang berlangsung antara 20 hingga 90 menit.

Halaman
12
Editor: Rr Dewi Kartika H
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved