Virus Corona di Indonesia

Selama Pandemi Covid-19, Kapolda Kalimantan Selatan Ingatkan Tetap Fokus Ancaman Kebakaran Hutan

Nico menekankan jajarannya untuk tak melupakan kerawanan Karhutla, terlebih di saat Indonesia mulai memasuki musim panas.

ISTIMEWA
Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Nico Afinta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di tengah perbantuan penanganan penanganan Covid-19, Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel) Irjen Nico Afinta memerintahkan jajarannya tan melupakan fokus pada penanganan kebakaran hutan dan ladang (Karhutla).

Seperti diketahui, Kalimantan Selatan pada tahun 2019 termasuk wilayah zona merah Karhutla.

Para periode Januari hingga September 2019, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bahkan mencatat Kalsel duduk di peringkat ke-4 dari 15 provinsi terbesar dengan luas lahan gambut yang terbakar 1.949 hektare.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel pada periode yang sama mencatat total luasan Karhutla di Kalsel mencapai 4.601,92 hektar.

Rinciannya, terjadi 1.493 kasus lahan terbakar dengan cakulan seluas 4.474,87 hektare dan 127,05 hektar areal hutan terbakar dari 29 kasus yang diketahui.

Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan merombak formasi agar bisa optimal mengurus tiga persoalan.

Ketiganya adalah penanganan Covid-19, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), serta pengamanan Pilkada 2020.

Karenanya, Nico menekankan jajarannya untuk tak melupakan kerawanan Karhutla, terlebih di saat Indonesia mulai memasuki musim kemarau.

Hal lain yang tak kalah menjadi perhatian adalah potensi kerawanan atas penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada serentak yang sementara ini direncanakan berlangsung akhir Desember 2020.

“Meski membantu pemerintah dalam penanganan Covid-19, kita jangan sampai lengah atas potensi Karhutla maupun eskalasi Kantibmas jelang Pilkada serentak,” kata Nico, Rabu (3/6/2020).

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved