Iduladha 2020

Puncak Arus Balik Libur Iduladha Hari ini, Sejumlah Penumpang Bus Tiba di Terminal Induk Bekasi

Suasana Terminal Indul Bekasi cukup ramai kedatangan penumpang yang baru tiba dari kampung halaman

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Erik Sinaga
TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Suasana Terminal Induk Bekasi, Jalan Ir. H. Juanda, Bekasi Timur, Minggu, (2/8/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Puncak arus balik libur Iduladha 1441 Hijriah terjadi hari ini, sejumlah penumpang tiba di Terminal Induk Bekasi, Minggu, (2/8/2020).

Pantauan TribunJakarta.com, suasana Terminal Indul Bekasi cukup ramai kedatangan penumpang yang baru tiba dari kampung halaman.

Seorang penumpang bernama Siti (27) misalnya, warga Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi itu mengaku, baru tiba dari kampung halaman di Tasikmalaya, Jawa Barat.

"Berangkat dari hari Jumat, (31/7), memang niat mau lebaran di kampung soalnya kemarin enggak sempet pulang," kata Siti.

Siti mengaku, masih ada kekhawatiran berpergian ke luar daerah di tengah situasi pandemi Covid-19.

Namun, rasa khawatir itu tidak memutuskan niatnya berlebaran di kampung halaman meski dia harus tetap mematuhi protokoler kesehatan.

"Tetap di sana juga jaga jarak sebisa mungkin, enggak kemana-mana, di kampung cuma di rumah orangtua aja," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, jelang peringatan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, penumpang angkutan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) atau antar kota antar provinsi (AKAP) mengalmi peningkatan.

Kanit Pengendali Operasi Terminal Induk Kota Bekasi Acim Mulyana mengatakan, peningkatan penumpang terjadi sejak tiga hari terakhir.

"Prediksinya ada peningkatan karena pada saat lebaran Idulfitri kemarin banyak warga yang tidak mudik, mereka akhirnya memilih mudik lebaran Iduladha," kata Acim, Kamis, (30/7/2020).

Total keseluruhan penumpang dalam dua hari yakni, Senin, (27/7) sebanyak 1.038 penumpang, lalu pada Selasa, (28/7), sebanyak 991 penumpang.

"Ada kenaikan untuk AKDP 5 persen dan untuk AKAP tujuan sumatera naik sekitar 30 persen, tapi jumlahnya tidak terlalu signifikan ya jika dibanding dengan prediksi arus mudik," kata Acim.

Meski begitu, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan penumpang, Terminal Induk Kota Bekasi menyiapkan sebanyak 285 bus AKAP dengan 100 armada cadangan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved