Breaking News:

Kebijakan Ganjil Genap

BREAKING NEWS Anies Baswedan Terbitkan Pergub Ganjil Genap untuk Motor, Ini Kata Kadis Perhubungan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan aturan baru pembatasan mobilitas warga selama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB masa transisi

Penulis: Dionisius Arya Bima Suci | Editor: Suharno
TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Penindakan ganjil-genap di Jalan Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (10/9/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan aturan baru terkait pembatasan mobilitas warga selama Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB masa transisi.

Aturan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 80 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif.

Dalam Pasal 8 Pergub itu, Anies menyebutkan pembatasan kendaraan dengan mekanisme ganjil genap (gage) berlaku bagi kendaraan roda empat dan roda dua.

Artinya, seluruh kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor atau mobil berpelat genap tidak boleh melintas di sejumlah luas jalan yang ditentukan pada tanggal ganjil.

Begitu juga sebaliknya, kendaraan pribadi dengan pelat nomor ganjil tak boleh melintas di ruas jalan yang telah ditentukan pada tanggal genap.

Mobil Pengangkut Sampah Anggota PPSU Kelurahan Pulo Tercebur ke Kali Krukut: Sampah Tumpah ke Sungai

"Setiap pengendara kendaraan bermotor beroda 4 (empat) atau lebih dan roda 2 (dua) dengan nomor plat ganjil dilarang melintasi ruas jalan pada tanggal genap," tulis Anies dalam Pergub itu dikutip TribunJakarta.com, Jumat (21/8/2020).

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan, aturan ganjil genap bagi sepeda motor belum akan diterapkan dalam waktu dekat.

"Ganjil genap saat ini belum berlaku bagi roda dua, motor dikenakan gage belum," ujarnya saat dikonfirmasi.

Anak buah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini menyebut, saat ini aturan gage masih sama seperti sebelumnya, yaitu berlaku bagi kendaraan roda empat di 25 ruas jalan yang telah ditentukan.

Anies Baswedan Buat Aturan Baru, Tak Pakai Masker di Luar Rumah Bisa Didenda Rp 1 Juta

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved