Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Asah Keterampilan di Masa Pandemi, Warga Rusunawa Marunda Dilatih Bikin Alat Cuci Tangan Otomatis

Dalam prosesnya, warga dilatih untuk membuat alat cuci tangan yang bisa dioperasikan tanpa menyentuh menggunakan tangan.

ISTIMEWA/Dokumentasi UPT Rusunawa Marunda
Warga penghuni Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda mengikuti pelatihan pembuatan alat cuci tangan otomatis di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (27/8/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, CILINCING - Warga penghuni rumah susun sewa (Rusunawa) Marunda mengikuti pelatihan pembuatan alat cuci tangan otomatis di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (27/8/2020).

Pelatihan ini sebagai upaya pengelola Rusunawa memberdayakan warga di tengah pandemi Covid-19.

Kepala UPT Rusunawa Marunda Ageng Darmintoro mengatakan, peserta pelatihan merupakan warga yang sebagian di antaranya terkena pemutusan hubungan kerja di masa pandemi ini.

Bakal Direlokasi ke Rusun Marunda, Ini Kata Warga Korban Penggusuran RW 04 Ancol

"Kami sampaikan kepada warga yang kena PHK dan angkatan kerja yang ada di Rusunawa Marunda. Antusiasnya tinggi, ada 20 orang yang mengikuti pelatihan tersebut," kata Ageng.

Dalam prosesnya, warga dilatih untuk membuat alat cuci tangan yang bisa dioperasikan tanpa menyentuh menggunakan tangan.

Pelatihan ini akan berlangsung selama dua hari hingga Jumat (28/8/2020) besok.

"STIP ini memiliki program pemberdayaan masyarakat. Dari situ, warga diberikan pelatiha pembuatan alat cuci tangan otomatis yang menggunakan sensor alias tanpa sentuh," kata Ageng.

Dengan adanya pelatihan ini, Ageng berharap warga rusun dapat mempunyai keahlian tambahan, terutama dalam pembuatan alat cuci tangan otomatis.

"Setelah pelatihan, tentunya warga diharapkan bisa membuat sendiri, atau bisa bekerjasama dengan pihak STIP untuk program lanjutan pascapelatihan," imbuh dia.

Rencananya, peserta pelatihan tersebut nantinya akan dijadikan sebuah komunitas terampil sebagai upaya pengelola Rusunawa Marunda memberdayakan masyarakat Jakarta Utara di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi.

Penulis: Gerald Leonardo Agustino
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved