Jakob Oetama Meninggal Dunia

Berikut Sejumlah Penghargaan yang Pernah Diterima Jakob Oetama

semasa hidupnya, Jakob Oetama pernah menerima sederet penghargaan di bidang jurnalistik maupun di bidang bisnis

Tribunnews.com
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun, pada Rabu (9/9/2020). 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama meninggal dunia di RS Mitra Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Rabu (9/9/2020) pukul 13.05 WIB dalam usia 88 tahun.

Sosok Jakob sangat berpengaruh bagi kancah jurnalistik Indonesia.

Gagasannya mengenai kemanusiaan dan Jurnalisme Makna menjadi suatu pembelajaran tersendiri bagi wartawan dan masyarakat dalam memperoleh kebenaran informasi.

Adapun pencarian makna itu berpedoman pada politics of values, yaitu tentang apa yang baik dan tidak baik, penting dan tidak penting, bukan politics of power, politik kekuasaan atas dasar kepentingan kelompok atau segelintir orang.

Jakob Oetama juga memaparkan bahwa jurnalis itu dituntut untuk tidak sekadar membuat laporan, tapi laporan yang kopreshensif yaitu laporan yang berusaha memaparkan seluruh persoalan berikut aneka macam latar belakang, interaksi serta prosesnya.

Di luar itu, semasa hidupnya, Jakob Oetama pernah menerima sederet penghargaan di bidang jurnalistik maupun di bidang bisnis. Berikut rinciannya:

1. Marketeer Award

Dilansir dari Kompas.com, (12/12/2013), Jakob Oetama dianugerahi penghargaan Marketeer Award dalam ajang Markplus Conference.

Dalam acara tersebut, Jakob berhasil meraih Lifetime Achievement Marketeer Award 2013.

Adapun penghargaan tersebut diberikan atas dedikasinya selama ini di dalam sektor bisnis.

Penganugerahan penghargaan ini merupakan penghargaan sekaligus pengakuan kepada marketeers di Indonesia yang dalam kesehariannya terbukti menunjukkan spirit marketing dan berhasil membuat dampak besar, tidak hanya pada perusahaan yang dipimpinnya, tetapi juga bagi masyarakat secara luas.

2. Doktor Kehormatan (Honoris Causa)

Namun, karena kondisi kesehatan, Jakob tidak dapat hadir dalam penganugerahan tersebut. Sang anak, Irwan Oetama yang mewakilkan penganugerahan itu.

Adapun penghargaan ini diberikan kepada Jakob lantaran sebagai bentuk pengakuan dan apresiasi lembaga pendidikan kepada Kompas Gramedia.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved