Breaking News:

Warga Tangsel Kini Bisa Urus Administrasi Kependudukan di 4 Mal Ini

Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Pamulang Square, Pamulang, Senin (14/9/2020).

TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, meresmikan Anjungan Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) Mandiri (ADM) di Pamulang Square, Pamulang, Senin (14/9/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, PAMULANG - Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Pamulang Square, Pamulang, Senin (14/9/2020).

Sebelumnya, di hari yang sama, Airin juga meresmikan gerai Dukcapil di Bintaro Plaza, Pondok Aren, Tangsel.

”Dengan gerai ini, kita berharap bisa membagi tempat pelayanan kepada masyarakat, sehingga terdapat alternatif-alternatif. Pelayanan tidak hanya ada di Disdukcapil di Cilenggang dan Kecamatan, namun masyarakat di Pamulang juga bisa ke Pamulang Square, dan masyarakat Bintaro, Pondok Ranji dan sekitarnya bisa di Plaza Bintaro,” ujar Airin.

Airin menargetkan bahwa gerai ini bisa dibuka di setiap kecamatan, namun dengan tetap memperhatikan aspek kemanfaatan pelayanannya bagi masyarakat.

“Jangan sampai nanti, ada gerainya, tapi tida memberikan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Dua gerai Dinas Dukcapil (Disdukcapil) itu menambah dua gerainya yang sudah lebih dulu ada, yakni di Living World Alam Sutera, Serpong Utara dan Mal Teras Kota, Serpong.

Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan, mengatakan, keempat gerai Disdukcapil itu bisa memproduksi tujuh dokumen adminduk: Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian.

"Satu kita punya AKM (Anjungan KIA Mandiri) di Living World, khusus KIA saja tapi kami bawa alat-alat lain sehingga produknya sama, KK, KTP, KIA dan empat akta. Kemudian Teras Kota itu asli ADM kita dari APBD perubahan, produknya sama kita tujuh adminduk," papar Dedi.

Dedi juga menjelaskan, ADM yang dioperasikan di Pamulang Square merupakan hibah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Saraswati Nilai Penting Keselarasan Data dan Ketersediaan APD untuk Penanganan Covid-19

Bakal Calon Wakil Walikota Tangsel Ditunjuk Jadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra

"Kemudan tadi di Bintaro Plaza memakai alat manual biasa, jadi mesin printer biasa, tapi produknya sama tujuh adminduk. Yang keempat di Pamulang Square dapat ADM hibah dari Kemendagri," ujarnya.

Selama pandemi Covid-19 ini, produksi adminduk di gerai Disdukcapil dikurangi 50%.

"Sementara, karena lagi pandemi, tadinya 100 KTP 50 KIA, sekarang saya turunin 50 KTP dan 25 KIA, semua sama," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Ferdinand Waskita Suryacahya
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved