3 Tahun Kepemimpinan Anies

Jelang 3 Tahun Kepemimpinan Anies Baswedan, Fraksi PDIP : Masih Jauh Dari Target Pencapaian RPJMD

Besok, Jumat (16/10/2020), merupakan 3 tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertugas memimpin Ibu Kota Jakarta.

Penulis: Pebby Ade Liana | Editor: Erik Sinaga
TRIBUNJAKARTA.COM/DIONISIUS ARYA BIMA SUCI
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono saat ditemui di gedung DPRD DKI, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Pebby Adhe Liana

TRIBUNJAKARTA.COM, GAMBIR - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono menyoroti pencapaian kinerja Pemprov DKI selama 3 tahun terakhir.

Besok, merupakan 3 tahun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertugas memimpin Ibu Kota Jakarta.

"Kalo kita mencermati 3 tahun kepemimpinan Anies dan berpedoman pada RPJMD, itu masih sangat jauh dari target pencapaian RPJMD," kata Gembong saat dikonfirmasi, Kamis (15/10/2020).

Gembong menilai, Pemprov DKI Jakarta masih jauh dari target pencapaian sebagaimana yang dituliskan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Contohnya, terkait dengan penyediaan hunian yang layak bagi warga DKI.

Dalam waktu 3 tahun terakhir, Pemprov DKI Jakarta dinilai belum maksimal dalam menyediakan hunian yang layak dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat seperti yang dicanangkan dalam RPJMD.

"Target penyediaa hunian layak bagi warga Ibu Kota sekitar 350.000 unit, di tahun ke 3 ini belum mencapai 50.000 unit. Kemudian juga penangangan banjir, program yang digadang yaitu naturalisasi kali itu masih nol, program drainasi vertikal juga belum jalan maksimal," ungkap Gembong.

Ia memaklumi memang situasi pandemi covid-19 yang melanda saat ini memang cukup menyulitkan berbagai aspek.

Meski begitu hal ini bukan menjadi alasan Pemprov DKI Jakarta landai dalam pencapaian program kerja.

"Contohnya ya itu, penyediaan hunian layak bagi warga Ibu Kota. Katakanlah 3 tahun pemerintahan Pak Anies, lalu katakan potong 1 tahun karena kita fokus penanganan pandemi ini. Tapi masa dua tahun gak sampai 50.000 unit, kan gitu. Kenapa ini terjadi, karena semua energi Pak Anies dicurahkan untuk rumah DP 0 rupiah," kata dia.

Ia pun mengingatkan Pemprov DKI Jakarta agar lebih fokus dalam mengejar target pencapaian sesuai dengan yang dituliskan dalam RPJM 2017-2022.

Baca juga: Polisi Periksa CCTV Cari Titik Terang Kasus Penembakan di Viper Resto & Bar Kelapa Dua

Baca juga: Jadwal MotoGP Aragon 2020 di Sirkuit MotorLand: Harapan Valentino Rossi di Tengah Persaingan Juara

Baca juga: Langganan Banjir, Pemerintah Kota Tangerang Wanti-wanti Warga Kecamatan Periuk Saat Musim Hujan 

"Fokuslah dalam pencapaian target sesuai yang dicanangkan dalam RPJMD itu. Kalau itu fokus maka lambat laun target yang sudah dicanangkan bisa kita lalui. Tinggal 2 tahun loh, gak mungkin rasanya," kata dia.

"Contoh penanganan banjir jauh dari target yang diharapkan. Tapi tetap fokus aja, walaupun gak capai 100 persen dengan berbagai kendala di lapangan maka tidak terlalu jomplang dari target yang dijanjikan," ungkapnya.

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved