Breaking News:

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar: Tugas Saya Berhasil Jika Pilkada Ini Sukses

Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan oleh Bawaslu.

ISTIMEWA
Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (17/10/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG - Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (17/10/2020).

Turut hadir pada kesempatan ini Ketua Bawaslu RI Abhan, Anggota Bawaslu RI rahmat Bagja serta perwakilan FKPD Provinsi Kepulauan Riau.

Dari Provinsi Kepulauan Riau turut hadir Plh. Asisten ekonomi dan Pembnagunan Mariyani Ekowati, kepala Badan Kesbangpol Linmas Lamidi serta Kepala Dinas Kesehatan M. Bisri serta Jubir Satgas Covid-19 Tjetjep Yudiana.

Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (17/10/2020).
Pjs. Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar menghadiri acara Rapat Kerja Daerah Penguatan SDM Pengawas Pemilu yang diselengarakan oleh Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur kepulauan Riau, Dompak, Tanjungpinang, Sabtu (17/10/2020). (ISTIMEWA)

Adapun yang hadir sebagai peserta pada Rakerda ini adalah Ketua dan anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kota serta Panwas Kecamatan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam sambuatannya Bahtiar menyampaikan bahwa berdasarkan UU Pemilu dan berbagi peraturan perundangan turunannya mengamanatkan bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban mendukung sukses penyelenggaraan Pemilu, baik pemilu di tingkat Provinsi maupun ditingkat Kabupaten/ Kota.

“Kewajiban kami sebagai Pemda adalah mendukung pelaksanaan pilkada ini agar berjalan baik, lancar dan tanpa kendala berarti. Adapun bentuk dukungan tersebut diantaranya dari segi pendanaan, segi personil, bahkan dukungan untuk mensosialisaikan pilkada yang bebas dari berbgai pelanggaran,” ujarnya.

Pelakasanaan berbagai tahapan Pilkada tahun ini menurut Bahtiar, pada prinsip dasarnya sama dengan pelaksaan pilkada pada tahun-tahun sebelumnya.

Menurutnya, yang membedakan pada tahun ini adalah pelaksanaanya ditengah pandemi Covid-19.

“Pilkada sekarang ini sama prinsipnya dengan pilkada terdahulu baik tahun 2015, 2017, 2018, 2019. Hanya saja pada tahun ini kita ada tugas tambahan untuk mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 ditengah pelaksaan pilkada,” ujarnga.

Ini merupakan tugas bersama, bukan hanya KPU dan Bawaslu namun juga aparat hukum baik TNI/ Polri, Kejaksaan dibantu juga oleh Satuan Polisi Pamong Praja untuk memastikan bahwa seluruh aktivitas bukan hanya masyarakat namun juga penyelengara negara dati tingkatan yang Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan. Keluarahan hingga RT/RW mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved