Breaking News:

Samsung Kuasai Pangsa Pasar Smartphone di Kuartal III-2020, Posisi Apple Digeser Xiaomi

Menurut Counterpoint, angka shipment ponsel pintar Samsung pada tahun ini merupakan yang tertinggi dalam 3 tahun terakhir

ISTIMEWA
Galaxy S20 FE dijual mulai dari harga Rp 10 juta dan pre-order dibuka 24 September - 8 Oktober 2020 di laman resmi Samsung. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Firma riset Counterpoint mencatat jumlah pengiriman (shipment) smartphone global sebanyak 380 juta unit pada kuartal III-2020.

Angka turun 4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, tapi tumbuh 32 persen secara quarter-on quarter.

Samsung lagi-lagi duduk di urutan teratas dengan angka pengiriman mencapai 79,8 juta unit.

Pangsa pasar pabrikan Korea Selatan ini mencapai 22 persen pada kuartal III-2020, tumbuh 47 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Menurut Counterpoint, angka shipment ponsel pintar Samsung pada tahun ini merupakan yang tertinggi dalam 3 tahun terakhir.

Pengirimannya didongkrak oleh model-model terbaru seperti seri Galaxy Note 20 dan Galaxy A 5G.

Huawei menjadi runner up di urutan kedua, dengan pangsa pasar 14 persen dan pengapalan ponsel sebanyak 50,9 juta unit, turun 24 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu atau 7 persen dari kuartal sebelumnya.

Xiaomi yang duduk di urutan ketiga mengalami peningkatan pangsa pasar yang signifikan dari 8 persen menjadi 13 persen pada kuartal III-2020 dengan total pengiriman smartphone sebanyak 46,2 juta unit.

Pertumbuhan Xiaomi dilaporkan mencapai 75 persen secara QoQ dan meningkat 46 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Dengan demikian, Xiaomi berhasil masuk dalam urutan tiga besar dan sukses menggeser posisi yang selama ini diduduki oleh Apple.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Bulan Oktober 2020, Mulai iPhone 12 Sampai iphone 11

Baca juga: Kekayaan Jack Ma Ditaksir Bertambah Ratusan Triliun Berkat Perusahaannya Pecahkan Rekor IPO

Halaman
12
Editor: Muhammad Zulfikar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved