Breaking News:

Polisi Ringkus Komplotan Bajing Loncat Cakung yang Beraksi di Siang Hari

Satreskrim Polrestro Jakarta Timur meringkus pelaku bajing loncat saat mengambil muatan truk di Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung tempat lokasi kawanan bajing loncat beraksi di Jakarta Timur, Senin (23/11/2020). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, JATINEGARA - Satreskrim Polrestro Jakarta Timur meringkus pelaku bajing loncat saat mengambil muatan truk di Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung.

Kapolrestro Jakarta Timur, Kombes Arie Ardian Rishadi, mengatakan, pelaku atas nama Edward Lisanjaya (32) dan Pendi (20).

Keduanya diringkus usai viral di media sosial karena beraksi pada siang hari.

"Pelaku mengambil muatan besi dari truk yang sedang melaju. Modusnya ketika kondisi jalan sedang padat mereka naik ke truk lalu mengambil muatan," kata Arie di Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020).

Dalam menjalankan aksinya, Edward dan Pendi berkomplot dengan dua pelaku lain yang kini buron, keempatnya selalu berbagi tugas.

Dua naik ke truk lalu mengambil muatan, sementara pelaku lainnya bertugas memungut rampasan muatan yang dijatuhkan dari kendaraan.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Angkasa Pura Support untuk Lulusan SMA/SMK, Cek Segera Syarat dan Daftar di Sini

Baca juga: Seorang Istri di Ciledug Diduga Ditusuk 13 Kali oleh Suaminya Hingga Kritis

"Pengakuannya sudah dua kali beraksi di Jalan Raya Bekasi, tanggal 19 November 2020 dan 23 November 2020. Muatan yang diambil pelaku ini potongan-potongan besi," ujarnya.

Arie menuturkan, potongan besi hasil jarahan dijual ke penadah seharga Rp 500 ribu, lalu hasilnya mereka bagi berempat.

Uang tersebut mereka gunakan untuk memenuhi keutuhan hidup hingga mabuk, keempat pelaku nekat menjadi bajing loncat karena tidak memiliki pekerjaan.

"Pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian Disertai Pemberatan dengan ancaman maksimal tujuh tahun penjara. Barang bukti yang diamankan lima potong besi hasil kejahatan mereka," tuturnya.

Sebelumnya, aksi kawanan bajing loncat di Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung viral setelah satu sopir truk memvideokan kejadian lalu menyebarkan.

Baca juga: Bocah Laki-laki Tenggelam di Kali Cideng, Sudah 24 Jam Belum Ditemukan

Dalam video tersebut tampak sekitar empat pelaku bajing loncat, dua berperan mengambil muatan sementara lainnya menerima muatan di bawah truk.

Para pelaku memanfaatkan kondisi Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung yang sedang padat sehingga truk melaju dalam kecepatan lambat.

"Ini yang diambilin (muatan) besi. Yang kena anggota PPTI (persatuan pengemudi truk Indonesia)," kata sopir truk perekam video.

Penulis: Bima Putra
Editor: Jaisy Rahman Tohir
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved