Breaking News:

Info Tekno

Gandeng Google.org, Save The Children Luncurkan Aplikasi BumiKita

Bencana juga mengakibatkan kerugian baik dalam aspek infrastruktur dan perekonomian.

theidleman.com
Ilustrasi 

TRIBUNJAKARTA.COM - Save The Children mengembangkan aplikasi BumiKita yang bertujuan membangun kesiapan masyarakat, terutama anak-anak, dalam menghadapi bencana bersama Google.org.

Survei Save the Children tahun 2019 di Provinsi Jawa Barat, mengungkapkan fakta bahwa 7 dari 10 anak tidak tahu cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana.

Padahal, menurut catatan BNPB, sepanjang tahun 2019 saja telah terjadi 3.814 kejadian bencana.

Dari berbagai jenis bencana, bencana hidrometeorologi mendominasi, antara lain puting beliung, banjir, kebakaran hutan dan lahan. Hal ini menimbulkan 6 juta jiwa penduduk terdampak dan mengungsi.

Bencana juga mengakibatkan kerugian baik dalam aspek infrastruktur dan perekonomian.

Baca juga: Misteri Pemutilasi Lelaki 24 Tahun yang Ditemukan di Bekasi, Polisi Sudah Hubungi Keluarga Korban

Teknologi untuk Kesiapsiagaan Bencana

Melalui program pengurangan risiko bencana Save the Children Indonesia yang didukung penuh oleh Google.org, dengan filantropi Google, lebih dari 19 juta masyarakat Indonesia kini telah terpapar pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana.

FOLLOW JUGA:

Program yang telah diimplementasikan sejak 2019 ini bertujuan untuk membangun ketangguhan anak dan keluarga terutama mereka yang tinggal di daerah rawan bencana.

"Melalui Google.org, kami sangat bangga untuk mendukung upaya Save the Children dalam mengembangkan aplikasi bermanfaat seperti BumiKita yang dapat mengedukasi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, terutama anak-anak. Kami berharap dengan keterampilan dan pengetahuan yang mereka pelajari, memungkinkan mereka untuk merespon dengan cepat dan membantu satu sama lain saat bencana terjadi,” ujar Ryan Rahardjo, Head of Public Affairs Southeast Asia, Google APAC dalam keterangan resminya pada Selasa (8/12).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved