Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Pemkot Jakut Tegaskan Bakal Awasi Tempat Rawan Kerumunan saat Malam Tahun Baru

Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan langkah-langkah mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat di malam pergantian tahun

Penulis: Gerald Leonardo Agustino | Editor: Erik Sinaga
Dok. Sudin Kominfotik Jakarta Utara
Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dalam webinar Bergerak Bersama untuk Disabilitas, Kamis (3/12/2020), di Kantor Wali Kota Jakarta Utara. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Pemerintah Kota Jakarta Utara menyiapkan langkah-langkah mengantisipasi adanya kerumunan masyarakat di malam pergantian tahun, Kamis (31/12/2020) mendatang.

Pengawasan ketat berupa penyiagaan petugas gabungan ini dilakukan guna menekan tingkat penyebaran Covid-19, terutama di momen malam pergantian tahun yang rawan timbul kerumunan.

Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko menuturkan, petugas akan disiagakan di tempat-tempat yang ditutup maupun yang termasuk tempat pengendalian ketat.

"Pengawasan dan penjagaan akan dilakukan jajaran Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara dibantu oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Kota," kata Sigit, Selasa (29/12/2020).

Beberapa langkah yang bakal dilakukan ialah menyiagakan pos-pos stasioner yang berisi petugas gabungan dari Pemkot, TNI-Polri, dan unsur masyarakat.

Ada pula mobil patroli dari setiap unsur yang bakal dikerahkan untuk berkeliling memantau situasi.

"Beserta petugas penyemprotan cairan disinfektan dan sterilasi oleh Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan," sambung Sigit.

Adapun sejumlah tempat yang ditutup saat malam pergantian tahun meliputi tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol, Danau Sunter, Waduk Pluit, Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo, Jalasena Pantai Maju/Golf Island Pantai Indah Kapuk - Pantai Maju, Taman Jogging Kelapa Gading, dan Jalan Banjir Kanal Timur (BKT).

"Selain lokasi yang ditutup sebagaimana di atas, ada beberapa tempat yang dilakukan pengendalian dan pengawasan ketat yang juga dapat menimbulkan kerumunan saat malam pergantian tahun," kata Sigit.

Tempat-tempat yang dimaksud akan mendapatkan pengendalian ketat antara lain Mangga Dua Square, kawasan Sentra Perikanan Muara Angke, kawasan Stadion Kamal Muara, hingga Jalan Benyamin Sueb.

Adapun antisipasi ini diambil berdasarkan beberapa kebijakan, terutama Instruksi Gubernur Nomor 64 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pengendalian serta Seruan Gubernur Nomor 17 Tahun 2020 tentang pengendalian kegiatan masyarakat.

Baca juga: Modus Jadi Petugas Kebersihan, Lima Remaja di Depok Lakukan Pungutan Liar Terhadap Warga

Baca juga: WNA Dilarang Masuk ke Indonesia, Ini Respons Wagub DKI Jakarta

Baca juga: Gisel Tersangka Kasus Video Syur, Komnas PA Soroti Hak Asuh Anaknya

Sigit juga mengimbau kepada seluruh warga Jakarta Utara untuk dapat mengikuti seluruh protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam rangka memutus mata rantai Covid-19.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mentaati dan mengikuti setiap peraturan dan kebijakan yang telah dikeluarkan ini," tegas Sigit.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved