Breaking News:

Natal dan Tahun Baru 2021

Sambut Tahun Baru 2021, Polisi Razia Peredaran Petasan di Kota Bekasi

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Heri Purnomo mengatakan, pihaknya telah melakukan razia peredaran petasan di tingkat polsek se-Bekasi

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Satrio Sarwo Trengginas
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Heri Purnomo di Kantor Pemkot Bekasi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kamis (31/12/2010). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Jelang malam pergantian tahun, Polres Metro Bekasi Kota melarang warga menyalakan petasan guna mengantisipasi terjadi kerumunan orang mencegah Covid-19.

Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kota AKBP Heri Purnomo mengatakan, pihaknya telah melakukan razia peredaran petasan di tingkat polsek se-Bekasi.

"Kan perintahnya tidak boleh ada petasan yang bunyi saat malam tahun baru, aturannya itu ukuran kalau lebih dari 2 inci enggak boleh. Makanya tindakan kami mengamankan dulu petasannya dari para pedagang," kata Heri di Pemkot Bekasi, Kamis (31/12/2020).

Dia menjelaskan, razia petasan sudah dilakukan di tingkat polsek dengan meyisir pasar-pasar atau pusat perdagangan yang kedapatan adanya penjual.

"Di semua wilayah Bekasi kota yang ada jualan petasan. Semuanya disentuh sama petugas polsek," tuturnya.

Dia memastikan, untuk petasan yang sudah diamankan saat ini akan dipilah-pilih mana yang dikategorikan tidak boleh dan mana yang boleh.

Pedagang yang kedapatan terkena razia petasan lanjut dia, tidak akan dikenakan proses hukum. Hanya saja, barang dagangannya disita oleh petugas kepolisian.

"Karena begini, bukan untuk dilakukan proses hukum. Hanya untuk pengamanan saja biar orang tidak keluar," tuturnya.

Baca juga: 1.163 Personel Dikerahkan dalam Rangka Operasi Pengamanan Tahun Baru 2021 di Kota Bekasi

Baca juga: Kriminalitas Selama 2020 di Bekasi: Pemulung Dibunuh saat Tidur Hingga Pegawai Minimarket Dimutilasi

Baca juga: Kawasan Summarecon Bekasi Ditutup Saat Malam Tahun Baru, Penghuni Perumahan Masih Bisa Melintas

Sementara itu, Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Pol Wijonarko menambahkan, razia cipta kondisi sudah dilakukan pihaknya sejak beberapa hari lalu.

"Perlu saya informasikan juga, kita lakukan cipta kondisi di mana melakukan razia kepada petasan termasuk kembang api yang kemungkinan digunakan saat tahun baru," tuturnya.

"Razia dilakukan di pasar-pasar, sehingga tak ada kembang api atau petasan yang digunakan untuk merayakan malam pergantian tahun," tambahnya.

Wijonarko memastikan, pihaknya sesuai instruksi Wali Kota Bekasi tidak mengizinkan adanya kegiatan perayaan tahun baru baik di tempat hiburan, mal, warga secara mandiri dan sebagainya.

"Hari ini kita melaksanakan pengamanan malam pergantian tahun. Kita harapkan tidak ada kegiatan perayaan, karena berisiko terjadi kerumunan sehingga berdampak pada penyebaran Covid-19," tegas dia. 

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved