Antisipasi Virus Corona di Bekasi

Selama Pandemi Berlangsung, 348 Tenaga Kesehatan di Kota Bekasi Positif Covid-19

Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bekasi yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama pandemi berlangsung sebanyak 348 orang.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Posko Gugus Tugas Covid-19 Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi, Jalan Jenderal, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bekasi yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama pandemi berlangsung sebanyak 348 orang. 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI SELATAN - Jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Kota Bekasi yang terkonfirmasi positif Covid-19 selama pandemi berlangsung sebanyak 348 orang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi Dezy Syukrawati mengatakan, jumlah itu dihimpun secara kumulatif.

"Jadi sejak pandemi Covid-19 berlangsung dari Maret 2020 sampai sekarang ada 348 orang nakes yang terkonfirmasi positif," kata Dezy, Senin (4/1/2021).

Sebagai rincian, dari total 348 nakes paling mendominasi terpapar Covid-19 adalah perawat dengan jumlah sebanyak 181 orang.

Kemudian disusul dokter berjumlah 75 orang, petugas pramusaji rumah sakit sebanyak 50 orang, 15 orang bidan.

Lalu nakes di Dinkes Kota Bekasi sebanyak 10 orang terkonfirmasi positif Covid-19, lalu sembilan orang analis, seorang petugas rekam medis dan seorang petugas kesling.

"Karena nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini, mereka sangat rentan terpapar," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah Blokir Rekening FPI, Kuasa Hukum Singgung Uang Umat

Adapun untuk kegiatan vaksinasi, nakes merupakan prioritas pertama. Mereka rencananya akan disuntik vaksin tahap satu yang dijadwalkan berlangsung Januari 2021.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, sebanyak 11.000 tenaga kesehatan (nakes) bakal disuntik vaksin tahap satu yang dijadwalkan dimulai Januari 2021.

"Tadi kita sudah mendapatkan kabar vaksin baru pada orang-orang yang melayani kesehatan, sekitar 11 ribuan nakes, untuk masyarakat belum dapat dilakukan tahap satu ini," kata Rahmat di Stadion Patriot, Senin (4/1/2021).

Wali Kota Rahmat Effendi di Stadion Patriot Bekasi, Selasa (1/12/2020).
Wali Kota Rahmat Effendi di Stadion Patriot Bekasi, Selasa (1/12/2020). (TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar)

Pria yang akrab disapa Pepen ini menambahkan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi sejauh ini masih melakukan persiapan sebelum kegiatan vaksinasi dilakukan.

"Kita lagi persiapkan, vaksin tidak bisa jalan sendiri. Ada alatnya, ada orangnya, dan ada fasilitasnya. Dinkes sudah ajukan persiapan vaksin bagi anggota nakes di Kota Bekasi," terang dia.
 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved