Breaking News:

Pemkot Jakarta Timur Mengeruk Saluran Air Inlet dan Outlet di Waduk Surilang

Lurah Gedong Jiji Kusmawan mengatakan pengerukan guna saluran masuk dan keluar Waduk Surilang dilakukan guna mengantisipasi genangan dan banjir

Penulis: Bima Putra | Editor: Muhammad Zulfikar
TribunJakarta/Dionisius Arya Bima Suci
Kondisi Waduk Surilang yang berada di Kelurahan Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Sabtu (23/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, PASAR REBO - Pemkot Jakarta Timur melakukan pengerukan saluran air inlet dan outlet di Waduk Surilang, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo.

Lurah Gedong Jiji Kusmawan mengatakan pengerukan guna saluran masuk dan keluar Waduk Surilang dilakukan guna mengantisipasi genangan dan banjir saat musim hujan.

"Adapun saluran yang dikeruk memiliki panjang 150 meter dan lebar 1,5 meter. Pengerukan menggunakan mini shovel (ekskavator)," kata Jiji saat dikonfirmasi Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (8/1/2021).

Pengerukan saluran dilakukan karena wilayah permukiman warga di sekitar Waduk Surilang, yakni RW 03, RW 09, dan RW 12 yang rawan banjir.

Pasalnya meski terdapat Waduk Surilang kontur tanah permukiman warga di sekitar lokasi cenderung rendah sehingga rawan genangan dan banjir.

"Agar jalan air lancar sekarang kita lakukan pengerukan saluran air inlet dan outletnya Waduk Surilang. Pengerukan dilakukan oleh Sudin Sumber Daya Air (SDA)," ujarnya.

Baca juga: Bukan PSBB, Pemerintah Terapkan PPKM Mulai 11 hingga 25 Januari 2021

Baca juga: Tersangka Kasus Video Syur Gisella Anastasia akan Diperiksa di Polda Metro Jaya Pagi Ini

Jiji menuturkan pengerukan serupa nantinya juga dilakukan di sejumlah lokasi rawan genangan dan banjir di wilayah Kelurahan Gedong.

Bila lokasi memungkinkan pengerukan menggunakan alat berat, sementara bila tidak pengerjaan dilakukan secara manual oleh petugas.

"Pengerukan saluran air telah dijadwalkan dengan pengerjaan menggunakan alat berat dan bantuan petugas SDA Jakarta Timur.⁣ Semoga hasilnya maksimal," tuturnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved