Penting Dikonsumsi Saat Pandemi Covid-19 Buat Daya Tahan Tubuh, Ini Dosis Vitamin C yang Dianjurkan

Vitamin C penting dikonsumsi saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Berapa dosis vitamin C untuk mencegah Covid-19?

bernerzeitung.ch
Ilustrasi Vitamin C. Vitamin C penting dikonsumsi saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA - Vitamin C penting dikonsumsi saat pandemi Covid-19 untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, banyak orang yang bertanya mengenai dosis Vitamin C yang tepat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Lalu berapa dosis vitamin C yang dianjurkan untuk mencegah Covid-19?

Amankah konsumsi vitamin C berlebih?

Diketahui twit berisi informasi mengenai sejumlah vitamin yang sebaiknya dikonsumsi masyarakat agar terhindar dari Covid-19 beredar di media sosial pada Senin, (4/1/2021).

Dari unggahan tersebut, sejumlah warganet menyorot pada jumlah konsumsi harian vitamin C yang disebutkan oleh pengunggah.

Warganet mengatakan bahwa dosisnya dinilai terlalu tinggi untuk kebutuhan tubuh. Berikut ini unggahan soal dosis vitamin yang dimaksud:

"Sebagai penyintas Covid-19, ini sih yg mendasar elo butuh kalo ada gejala: Alat: Oxymeter & Thermometer Konsumsi: - Vitamin C 1000mg x 2 per hari (sehabis makan) - Vitamin D3 (2000-4000 IU per hari) - Vitamin E (400 IU per hari) - Omega 3 (1000 mg per hari)," tulis akun Twitter Yasha Chatab.

"Setau gw kebutuhan vitamin C tubuh kita tuh cuma 200mg per harinya. Jadi kalo menkonsumsi vitamin C 1000mg x 2 per hari mah itu kebanyakan pake banget," tulis akun Twitter @wantooo_ dalam twitnya.

Lantas, berapa banyak kandungan vitamin C harian yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi Covid-19 ?

Menanggapi hal itu, dokter spesialis gizi klinik, dr Dian Permatasari, SpGK mengungkapkan, berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2019 Kemenkes, kebutuhan vitamin C per hari tubuh hanya 75-90mg.

Namun untuk dosis vitamin C pada pasien yang terinfeksi Covid-19, Dian mengaku belum mengetahui angka pastinya.

"Belum jelas, ada yang mengatakan bisa sampai 4.000 mg per hari," kata Dian saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Selama pandemi Covid-19 ini dia hanya menganjurkan kepada masyarakat untuk mengonsumsi vitamin C 1.000 mg per hari agar daya tahan tubuh terjaga. Selain untuk daya tahan tubuh, konsumsi vitamin C dapat untuk membantu pembentukan kolagen.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved