Risma Pernah Bantu Tunawisma di Jakarta Saat Jadi Wali Kota Surabaya: Saya Berdosa Jika Biarkan Dia

Menteri sosial Tri Rismaharini menceritakan pernah membantu seorang tunawisma yang tertidur di tempat sampah di salah satu daerah di DKI Jakarta.

Editor: Wahyu Aji
ISTIMEWA/Dokumentasi Kementerian Sosial
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma dibantu petugas menapaki tangga turun ke bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, untuk menyapa dan berbincang dengan gelandangan dan pemulung, Senin (28/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI - Menteri sosial Tri Rismaharini menceritakan pernah membantu seorang tunawisma yang tertidur di tempat sampah di salah satu daerah di DKI Jakarta.

Padahal saat itu dia masih menjabat sebagai Wali Kota Surabaya.

"Jadi pernah saya suatu saat menjadi Walikota Surabaya saya pergi ke Jakarta ada orang tidur di tempat sampah.

Baca juga: Kritisi Blusukan Risma, PKS: Jabatan Menteri Skalanya Nasional, Masalah Daerah Serahkan ke Dinsos

Saya tidak enak kalau saya biarkan dia mati dan saya berdosa meskipun saya bukan siapa-siapa di Jakarta," kata Risma di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).

Saat itu, Risma mengaku memutuskan untuk memutar kendaraannya untuk melihat kondisi sang tunawisma.

Baca juga: Curhat Pemilik Toko Poster Bertemu Risma, Sang Anak Nangis Di-Bully karena Ayahnya Disebut Pemulung

Namun, kata dia, orang itu tidak bergerak dan masih dalam posisi terlelap.

"Saya lihat orang itu tidak bangun lagi. Saya kepikiran lagi, kalau saya turun saya bukan siapa-siapa Jakarta dan akhirnya yang ketiga saya sampai tiga kali muterin itu dan dia tetap belum bangun dan akhirnya saya tidak bisa melihat itu," ungkapnya.

Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke rumah pemulung pada hari pertama kerja, Senin (28/12/2020).
Menteri Sosial Tri Rismaharini blusukan ke rumah pemulung pada hari pertama kerja, Senin (28/12/2020). (Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi)

Diceritakan Risma, dia akhirnya mengeluarkan sejumlah uang dan menitipkannya kepada salah satu warung di dekat tunawisma itu tertidur.

Dia juga meninggalkan pesan kepada sang pemilik warung.

"Tolong titipkan uang dan disitu ada warung kita titipkan uang itu di warung itu. Saya ngomong saya nitip kalau orang ini bangun orang ini harus dikasih makan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan alasan untuk memberikan bantuan kepada tunawisma tersebut.

"Saya punya kewajiban mempunyai rezeki lebih artinya lebih dari orang lain dan saya berhak juga memberikan amal saya untuk orang lain. Jadi siapapun saya akan lakukan itu seperti itu," pungkasnya.

Risma Mengaku Tidak Kenal Pemulung Kastubi Yang Viral di Media Sosial

Menteri Sosial Tri Rismaharini saat bertemu dengan Kastubi di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021).
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat bertemu dengan Kastubi di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis Pangudi Luhur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/1/2021). (Tribunnews.com/Igman Ibrahim)

Tri Rismaharini membantah melakukan drama settingan terkait bantuannya dengan seorang pemulung bernama Kastubi (69) pada Kamis (7/1/2021) kemarin.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved