Antisipasi Virus Corona di Tangsel

Update Vaksinasi Covid-19 di Tangsel: Mulai 15 Januari, Hanya Dapat 1.450 Dosis untuk Nakes

Deden mengatakan Tangsel hanya mendapat 1.450 dosis pada vaksinasi tahap awal. Hal itu karena vaksin yang diberikan untuk wilayah Banten masih terbata

Penulis: Jaisy Rahman Tohir | Editor: Wahyu Septiana
TribunJakarta.com/Jaisy Rahman Tohir
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan (Tangsel), Deden Deni, di Kantor Pemkot Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Jumat (8/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, CIPUTAT - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan (Tangsel), Deden Deni, menyampaikan informasi terbaru terkait vaksinasi Covid-19.

Deden mengatakan Tangsel hanya mendapat 1.450 dosis pada vaksinasi tahap awal. Hal itu karena vaksin yang diberikan untuk wilayah Banten masih terbatas.

"Adapun jumlah vaksin yang didapat dari provinsi kurang kebih 1.450 (dosis), tahap awal semuanya untuk tenaga kesehatan. Kemudian tahap berikutnya aparat dan masyarakat biasa," ujar Deden saat konferensi pers di Kantor Pemkot Tangsel, Jalan Maruga, Ciputat, Jumat (8/1/2021).

1.450 dosis vaksin jenis Sinovac dari Tiongkok itu, sepenuhnya akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan (nakes).

Deden mengatkan, sebenarnya, total jumlah nakes di Tangsel sebanyak 12.000 orang.

Namun dosis vaksin yang didapat dari Provinsi Banten hanya 1.450 dosis. 

Jika satu nakes memerlukan dua dosis untuk vaksinasi, maka hanya 700 lebih nakes yang divaksin pada tahap pertama. 

"700 lebih untuk tahap awal," ujarnya.

Baca juga: Ekspresi MYD saat Minta Maaf Jadi Sorotan, Pakar Sebut Ada Rasa Takut, Grogi, dan Sedih

Deden mengatakan, vaksin akan didistribusi ke Tangsel pada Senin (11/1/2021) mendatang. 

"Saat ini vaksin masih di provinsi, rencananya hari ini didistribusi ke Tangsel, namun mungkin karena sudah sore, baru Senin sampai ke Tangerang Selatan. Penyimpanan kami siapkan di Labkesda dan PMI," kata Deden.

Pelaksanaan vaksinasi di Tangsel pun dimulai pada Jumat (15/1/2021), di dua tempat berbeda yakni RSU Tangsel dan Puskesmas Jurang Mangu, Pondok Aren.

Sedangkan, pada Kamis (14/1/2021), akan digelar vaksinasi secara simbolis untuk kawasan Banten. Para kepala daerah termasuk Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany, akan divaksin untuk menjadi yang pertama mewakili Tangsel. 

Baca juga: Sama-sama Minta Maaf Soal Video Syur, Gisel Dinilai Pakar Lebih Kongkrit dari Nobu: Subjek Diungkap

"Adapun pelaksanaannya, simbolis di Pendopo Kabupaten Tangerang untuk provinsi. Untuk kita di tanggal 15, di RSU dan Puskesmas Jurang Mangu," jelasnya.

Sebagai informasi, pernyataan Deden terbaru di atas menganulir keterangan resminya sebelumnya yang mengatakan bahwa vaksin akan diberikan kepada 12.711 orang yang terdiri dari tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 9.764, TNI sebanyak 1208, Polri sebanyak 1423, Satpol PP sebanyak 316, pada tahap awal.

Termasuk dalam hal pelaksanaan, yang ternyata vaksinasi di Tangsel akan dimulai pada 15 Januari 2021 bukan 14 Januari 2021 

Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved