Kenali Istilah-istilah Penting dalam Seleksi Masuk PTN 2021, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

uk! kenali istilah-istilah penting dalam seleksi masuk PTN 2021. Apa saja?

Editor: Muji Lestari
Tangkapan Layar Tribunnews.com/portal.ltmpt.ac.id
Kenali istilah-istilah penting yang berkaitan dengan seleksi masuk PTN 2021. 

TRIBUNJAKARTA.COM - Yuk! kenali istilah-istilah penting dalam seleksi masuk PTN 2021.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru 2021 kini sudah di depan mata. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) telah meluncurkan sistem Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Tak hanya SNMPTN, UTBK atau SBMPTN, calon mahasiswa juga akan menemui beragam istilah yang dipakai dalam seleksi masuk PTN.

Agar persiapan seleksi masuk PTN lebih matang, berikut berbagai istilah yang terkait dengan SNMPTN dan SBMPTN 2021, merangkum dari Rencanamu.id:

1. LTMPT: Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga resmi yang menyelenggarakan seleksi masuk PTN (SBMPTN dan SNMPTN).

2. SNMPTN: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang sering disebut “jalur undangan”. Inilah jalur masuk PTN dengan melihat performa siswa di sekolah (semester 1 hingga 5). Kuota SNMPTN minimal 20 persen.

3. SBMPTN: Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan skor Ujian (UTBK). Kuota minimal 40 persen. Namun di PTN berbadan hukum, seperti UI dan UGM, kuota SBMPTN-nya minimal 30 persen.

Baca juga: Berikut Tata Cara Pengisian PDSS untuk Daftar SNMPTN 2021, Akses pdss.ltmpt.ac.id

Baca juga: BREAKING NEWS: Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia Pada Kamis Pagi

4. UTBK: Ujian Tulis Berbasis Komputer. Skor UTBK akan digunakan untuk SBMPTN. Selain SBMPTN, nilai UTBK juga bisa digunakan untuk seleksi mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta, namun tetap tergantung kebijakan kampus.

5. Seleksi Mandiri: Seleksi yang diselenggarakan masing-masing PTN. Seperti Ujian Tulis UGM, Ujian Seleksi Mandiri ITB, SIMAK UI, dan lainnya.

6. Saintek: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sains dan teknologi, seperti Kesehatan, Teknik, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPA.

7. Soshum: Istilah untuk program studi/jurusan bidang sosial dan humaniora, seperti Sastra, Ekonomi, Hukum, Komunikasi, dan lainnya. Istilah tidak resminya adalah rumpun IPS.

Baca juga: Pendaftaran SNMPTN 2021 Dibuka 15 Januari, Segera Registrasi Akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id

Baca juga: Cara Registrasi Akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id, Simak Jadwal Lengkap SNMPTN 2021

Baca juga: Begini Cara Cek NISN dan NPSN Secara Online untuk Daftar Akun LTMPT, Akses nisn.data.kemdikbud.go.id

8. TPS: Tes Potensi Skolastik, merupakan salah satu tes di UTBK. TPS mengetes kemampuan kognitif yang dinilai penting dalam perkuliahan. Materi TPS meliputi 4 subtes, yaitu Kemampuan Kuantitatif, Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis (sebagian soalnya berbahasa Inggris), serta Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

9. TKA Soshum: Tes Kompetensi Akademik yang merupakan tes di UTBK untuk memilih prodi bidang Soshum. Subtesnya adalah Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.

10. TKA Saintek: Tes Kompetensi Akademik yang merupakan tes di UTBK untuk memilih prodi bidang Saintek. Subtesnya adalah: Matematika IPA, Kimia, Biologi, dan Fisika.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved