Breaking News:

Menkumham Diminta Lakukan Tindakan Tegas Soal Sejumlah Masalah Napi Dalam Lapas Kendalikan Narkoba

Aksi dilakukan dengan latar sejumlah temuan kasus yang masih membuktikan bahwa napi di dalam Lapas pun tetap bisa menjalankan bisnis narkotika.

Menkumham Diminta Lakukan Tindakan Tegas Soal Sejumlah Masalah Napi Dalam Lapas Kendalikan Narkoba
http://setkab.go.id/
Kemenkumham

TRIBUNJAKARTA.COM - Kelompok yang menamakan diri Gerakan Pemuda dan Mahasiswa (gempa) berencana menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (20/1/2021) besok.

Mereka akan mendatangi kantor Menkum HAM Yasonna Laoly untuk menuntut dilakukan langkah tegas terkait masih ditemukannya kasus yang melibatkan narapidana narkotika di lembaga pemasyarakatan di Jakarta.

Kordinator Aksi, Albar mengatakan mengungkapkan, aksi dilakukan dengan latar sejumlah temuan kasus yang masih membuktikan bahwa napi di dalam Lapas pun tetap bisa menjalankan bisnis narkotika.

Mereka menyoroti kurangnya pengawasan serta meminta Menteri Yasonna untuk melakukan tindakan tegas.

"Kami akan suarakan apa yang selama ini terjadi di lapas dan rutan di DKI, karena selama ini masalah selalu muncul," kata Albar melalui keterangan tertulis yang diterima.

Tuntutan selanjutnya, kata Albar, mereka meminta Menteri Yasonna agar melakukan evaluasi terhadap kinerja Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM (kanwilkumham) DKI, Liberty Sitinjak.

Dirinya menyoroti berbagai masalah seperti kejadian di napi Rutan Salemba yang membuat pabrik ekstasi, hingga adanya apotik di Rutan Cipinang.

"Banyak peredaran gelap narkoba di lapas dan rutan," katanya

Kemudian, kasus lain yang juga muncul adalah peredaran 8 kilogram sabu di Rutan Salemba.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Liberti Sitinjak, saat diwawancarai awak media, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2020).
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Liberti Sitinjak, saat diwawancarai awak media, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2020). (TribunJakarta.com/Muhammad Rizki Hidayat)

Bahkan maraknya bisnis narkotika yang dikendalikan dari Rutan Cipinang yang pernah ditampilkan pada berita di televisi swasta.

Halaman
12
Editor: Wahyu Aji
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved