Breaking News:

Pilkada Kota Tangsel

Dalam Sidang MK, Muhamad-Saraswati Tuntut Benyamin-Pilar Didiskualifikasi dari Pilkada Tangsel 

Muhamad-Rahayu Saraswati, menuntut paslon 3, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichaan untuk didiskualifikasi dari kesertaannya pada pilkada Tangsel.

Youtube KPU Tangsel
Tangkapan gambar Paslon nomor 1, Muhamad - Rahayu Saraswati pada debat publik Pilkada tangsel. Muhamad-Rahayu Saraswati, menuntut paslon 3, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichaan untuk didiskualifikasi dari kesertaannya pada pilkada Tangsel. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Jaisy Rahman Tohir

TRIBUNJAKARTA.COM, TANGERANG SELATAN - Pasangan calon (paslon) nomor urut 1, Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, menuntut paslon 3, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichaan untuk didiskualifikasi dari kesertaannya pada pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020.

Hal itu disampaikan paslon 1 yang diwakili kuasa hukumnya, Swardi Aritonang pada Pada sidang perkara nomor 115/PHP.KOT-XIX/2021 tentang perselisihan hasil pemilihan pemilihan hasil wali kota Kota Tangerang Selatan tahun 2020, di Mahkamah Konstitusi (MK), Jumat (29/1/2021).

Swardi menyampaikan sejumlah dalil gugatannya terkait pelanggaran pada penyelenggaraan Pilkada Tangsel  yang disebutnya terstruktur sistematis dan masif (TSM).

Sejumlah permasalahan diungkap Swardi dalam sidang yang dipimpin Ketua MK, Anwar Usman itu, di antaranya terkait keterlibatan Wali Kota Airin Rachmi Diany dalam memangkan paslon nomor 3 dengan menyelewengkan penyaluran dana Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Selain itu Swardi juga menjabarkan dugaan pelanggaran terkait keterlibatan ASN, politik uang, dan peran penyelenggara Pilkada dalam memenangkan Benyamin-Pilar.

Dengan dalil sejumlah temuan pelanggaran itu, kubu Muhamad-Saraswati memohon MK untuk mendiskualifikasi pasangan Benyamin-Pilar.

"Berdasarkan alasan-alasan yuridis di atas kami mengajukan pokok permohonan kami."

Buron 9 Tahun, Mubassir Tertangkap di Tenda Pengungsi Gempa Mamuju: Rugikan Negara Puluhan Juta

"Menyatakan diskualifikasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan nomor urut 3, atas nama Drs. H. Benyamin Davnie dan H. Pilar Saga Ichsan ST pada Pemilihan Umum Wali Kota dan Wakil Wali Kota
Tagerang Selatan Tahun 2020," ujar Swardi dalam sidang di MK yang disiarkan langsung melalui Youtube MK.

Swardi juga menuntut MK memerintahkan KPU Tangsel untuk menyelenggarakan Pemilihan Suara Ulang (PSU) secara menteluruh.

Halaman
12
Penulis: Jaisy Rahman Tohir
Editor: Wahyu Septiana
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved