Para Gadis Belia yang Dijadikan PSK di Sunter Bakal Jalani 4 Tahap Pemulihan

Empat gadis belasan tahun yang dipekerjakan sebagai PSK di Jakarta Utara oleh seorang muncikari bernama Rama (19) akan menjalani masa pemulihan.

TribunJakarta.com/Gerald Leonardo Agustino
Empat PSK di bawah umur yang diamankan aparat Polsek Tanjung Priok karena terlibat prostitusi online. Empat gadis belasan tahun yang dipekerjakan sebagai PSK di Jakarta Utara oleh seorang muncikari bernama Rama (19) akan menjalani masa pemulihan. 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Gerald Leonardo Agustino

TRIBUNJAKARTA.COM, TANJUNG PRIOK - Empat gadis belasan tahun yang dipekerjakan sebagai PSK di Jakarta Utara oleh seorang muncikari bernama Rama (19) akan menjalani masa pemulihan.

Mereka akan mendapat pemulihan dengan didampingi tim dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) selama beberapa waktu ke depan.

Sekretaris Jenderal LPAI Henny Hermanoe mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Sosial dalam rangka pemulihan ini.

Anak-anak tersebut akan ditangani di Balai Rehabilitasi Sosial Anak Membutuhkan Perlindungan Khusus (BRSAMPK) Handayani Kementerian Sosial.

Dalam prosesnya, ada empat tahap pemulihan yang akan dijalani para korban perdagangan orang tersebut.

"Jadi ada empat tahap pemulihan, yaitu pemulihan fisik, psikis, sosial, dan spiritual," ungkap Henny saat dihubungi TribunJakarta.com, Jumat (29/1/2021).

Tahap pertama ialah pemulihan fisik.

Khawatir Berbahaya untuk Kesehatan, Polisi Minta Lapor Jika Pernah Pakai Makser Ilegar dari Bekasi

Bekerjasama dengan tenaga kesehatan, LPAI akan memeriksa apakah anak-anak belasan tahun tersebut tertular penyakit seksual.

Apabila anak-anak tersebut didiagnosa penyakit seksual, nantinya ada penanganan lanjutan dari tenaga kesehatan.

Setelah pemeriksaan fisik, keempat gadis belia tersebut akan menjalani pemulihan psikis.

Menurut Henny, pemulihan psikis bertujuan memulihkan rasa percaya diri anak-anak sebelum kembali ke lingkungan sosial mereka.

7 Ramuan Tradisional Herbal Pencegah Ngantuk, Tertarik Coba?

"Kita ingin mengembalikan apa yang terjadi saat ini bukan akhir dari hidup mereka. Jadi, bagaimana masa depan masih panjang ini perlu diraih, perlu diupayakan sampai akhirnya mereka punya pencapaian yang terbaik dalam hidup mereka," ucap Henny.

Pada tahap pemulihan psikis, LPAI akan bekerjasama dengan psikolog anak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jakarta
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved