Breaking News:

Sembahyang di Kelenteng Hok Lay Kiong Dilakukan Perorangan, Imlek Tahun Ini Tak Ada Perayaan Khusus

Sembahyang di Kelenteng Hok Lay Kiong dalam rangka Tahun Baru Imlek 2572 dilaksanakan secara perorangan

TribunJakarta/Yusuf Bachtiar
Suasana perayaan Tahun Baru Imlek 2572 di Kelenteng Hok Lay Kiong Bekasi, sejumlah umat melakukan ritual sembahyang secara perorangan dengan menerapakan prokes, Kamis (11/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Tahun Baru Imlek 2572 yang jatuh pada, Jumat 12 Februari 2021 disambut dengan suka cita umat tionghoa, tak terkecuali di Kota Bekasi yang biasanya terpusat di Kelenteng Hok Lay Kiong.

Kelenteng yang beralamat di Jalan Kenari 1, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi itu, tetap berhias dengan ornamen khas perayaan imlek.

Lampion gantung dipasang di sepanjang jalan menuju kelenteng, ornamen lain seperti lilin dan dupa tampak dipasang di area bagian dalam kelenteng.

Kelenteng tertua di Bekasi ini setiap tahunnya menjadi magnet umat Tionghoa untuk merayakan Tahun Baru Imlek, sejumlah kegiatan biasanya digelar demi memeriahkan peringatan.

Namun, Tahun Baru Imlek kali ini berbeda, kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung memksa setiap umat menahan diri untuk tidak berkumpul.

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Ronny Hermawan, selaku pengurus kelenteng mengatakan, pihaknya tahun ini tidak menggelar kegiatan perayaan imlek.

"Kebetulan karena tahun ini ada Pandemi Covid-19 maka ritual kegiatan, kemudian seperti kembang api atau semacamnya ditiadakan sama sekali tidak ada seperti tahun sebelumnya," kata Ronny, Kamis (11/2/2021).

Bahkan untuk kegiatan sembahyang kata Ronny, pihaknya meniadakan rituak berjemaah yang biasanya diadakan tiap perayaan Imlek.

"Ada yang berbeda dengan perayaan perayaan tahun baru Imlek pada sebelumnya, pada tahun ini kita tidak ada sembahyang bersama-sama, tidak diagendakan juga Sembahyang berjamaah seperti itu," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Yusuf Bachtiar
Editor: Erik Sinaga
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved