Breaking News:

Makna Tahun Kerbau Logam, Warga Tionghoa Bekasi Harapkan Ini: Saatnya Memulai Kerja Keras

Tahun Baru Imlek 2572 merupakan tahun kerbau logam, warga tionghoa di Bekasi khususnya, memaknai sebagai momentum kebangkitan diterpa pandemi.

Penulis: Yusuf Bachtiar | Editor: Wahyu Septiana
TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR
Warga tionghoa Bekasi melakukan ritual sembahyang di Kelenteng Hok Lay Kiong saat perayaan Tahun Baru Imlek 2572, Jumat (12/2/2021). 

Laporan wartawan TribunJakarta.com, Yusuf Bachtiar

TRIBUNJAKARTA.COM, BEKASI TIMUR - Perayaan Imlek 2572 tahun ini dilakukan secara sederhana oleh seluruh umat Tionghoa, hal ini dilakukan menyusul situasi Pademi Covid-19 yang belum mereda.

Di Kota Bekasi, perayaan Imlek biasanga ramai digelar di Kelenteng Hok Lay Kiong, Jalan Kenari 1, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Di kelenteng tertua yang ada di Kota Bekasi itu, perayaan dilakukan secara sederhana, tidak ada acara atau kegiatan yang dapat memicu kerumunan massa.

Kegiatan sembahayang di kelenteng diatur sedemikian rupa, umat yang hendak berdoa dalam perayaan imlek dilakukan secara perorangan dan tidak berkerumun.

Kelengteng Hok Lay Kiong Bekasi saat peringatan Tahun Baru Imlek 2572, Jumat (12/2/2021).
Kelengteng Hok Lay Kiong Bekasi saat peringatan Tahun Baru Imlek 2572, Jumat (12/2/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/YUSUF BACHTIAR)

Ketua Yayasan Pancaran Tridharma Ronny Hermawan, selaku pengelola Kelenteng Hok Lay Kiong mengatakan, perayaan imlek tahun ini tetap dilaksanakan penuh suka cita.

Tahun Baru Imlek 2572 merupakan tahun kerbau logam, warga tionghoa di Bekasi khususnya, memaknai sebagai momentum kebangkitan diterpa pandemi.

"Kerbau itu rajin, mudah-mudahan ekonomi bangkit lagi, tenaga kerbau itukan cukup kuat kalau orang mau jadi petani yang digarap tanah dulu, bajaknya pakai kerbau," kata Ronny, Jumat (12/2/2021).

Baca juga: Pahlawan di Tengah Pandemi, PMI dan Perempuan Jenggala Gelar Donor Darah-Plasma Konvalesen

Baca juga: Ahok Tanggapi Anak Muda yang Jadi Politisi: Kalau Mau Kaya, Jadi Pengusaha Saja

Tahun Baru Imlek 2572 sekaligus menyudahi tahun tikus tanah, makna sisi negatif dari tahun tersebut diartikan sebagai hewan yang jorok dan kotor.

"Harapan masing-masing umat perbanyak berdoa dan tanda-tanda baiknya semoga ada tahun tikusnya kan udah selesai," ucapnya.

"Tikus ada sisi negatifnya jorok, kotor, penyakit, tikus gitukan tidurnya di got-got tapikan sudah selesai sekarang masuk ke tahun kerbau," tambahnya.

Dia berharap, di tahun kerbau logam, pamdemi Covid-19 dapat berlalu. Program vaksin yang dilakukan pemerintah dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Baca juga: Ahok Tanggapi Anak Muda yang Jadi Politisi: Kalau Mau Kaya, Jadi Pengusaha Saja

"Mudah-mudahan penyakit kaya pandemi selesai vaksin juga bisa diselesaikan pemerintah secara bertahap untuk masyarakat," tuturnya.

"Banyak yang sehat lagi walaupun setiap tahun ada yang positif dan negatif, positifnya tahun kerbau saatnya memulai kerja keras, bercocok tanam, memulai sesuatu kan pakai kerbau kalau jaman dulu," tegasnya.

Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved