Breaking News:

Antisipasi Virus Corona di DKI

Wapres Maruf Amin Ajak Warga Lansia Ikut Vaksinasi Covid-19: Tidak Ada Efek

Maruf Amin mengajak masyarakat yang usianya sudah lanjut tidak takut mengikuti vaksinasi Covid-19. Maruf Amin memastikan vaksin aman

Editor: Erik Sinaga
Istimewa
Ilustrasi. Wakil Presiden RI mengajak warga yang sudah lansia tidak perlu taku ikut vaksinasi Covid-19 karena tidak menimbulkan efek. 

TRIBUNJAKARTA.COM- Wakil Presiden Maruf Amin mengajak masyarakat yang usianya sudah lanjut tidak takut mengikuti vaksinasi Covid-19 ini.

Ia memastikan bahwa vaksin Sinovac yang sudah bisa digunakan untuk kelompok lansia tidak menimbulkan efek apapun.

Hal itulah yang membuat Ma'ruf pun menjadi orang pertama dari kelompok lansia non-nakes yang disuntik vaksin Covid-19.

"Saya ajak semua yang usianya sudah cukup lanjut, saya di atas 70 tahun (ikut vaksinasi). Ternyata vaksin ini Insya Allah tidak menimbulkan efek apa-apa," kata Ma'ruf usai disuntik vaksin Covid-19, di kediaman dinas Wapres, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (16/2/2021).

"Mari kita ikut melaksanakan vaksinasi karena ini diharapkan rakyat Indonesia mengalami kekebalan terhadap Covid-19, kita belum tahu Covid-19 sampai kapan," lanjut dia.

Ma'ruf menjelaskan, kekebalan kelompok atau herd immunity bisa dicapai apabila sudah 70 persen populasi rakyat Indonesia divaksin Covid-19.

Oleh karena itu, vaksinasi Covid-19 pun bersifat wajib dilaksanakan bagi mereka yang bisa mendapatkannya.

Bahkan menurut agama Islam, kata dia, setiap umat harus ber-kifayah atau wajib melaksanakan vaksin tersebut untuk melindungi diri.

"Menjaga diri dari penyakit itu hukumnya wajib. Wajibnya sampai kapan, sampai nanti tercapainya herd immunity, 70 persen (populasi) divaksin baru gugur kewajibannya," kata dia.

"Fardhu kifayah artinya kalau belum tercapai itu, dia belum hilang kewajibannya. Kalau tidak melaksanakan, itu berdosa bagi mereka yang memang tidak masalah divaksin kecuali ada sesuatu yang tidak memperbolehkannya," lanjut Ma'ruf.

Ma'ruf pun mengajak seluruh pihak untuk mengikuti program vaksinasi nasional agar Indonesia bisa kebal dalam menghadapi Covid-19.

Dengan demikian, kata dia, maka Indonesia pun bisa terlepas dari bahaya Covid-19 tersebut.

Baca juga: Menkes Budi Gunadi: Lansia Bisa Ikut Vaksinasi Covid-19 di Blok A Pasar Tanah Abang

Baca juga: Digerebek Camat Cisarua di Villa Pribadi, Wali Kota Bekasi Minta Maaf: Tamu Ganggu Kenyamanan Warga

Baca juga: Tak Mau Pusing Soal Sanksi Tolak Vaksinasi, Anies: Kami Hanya Menawarkan

Diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun.

Vaksinasi bagi masyarakat kelompok lansia tersebut juga dimulai dari mereka yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan. (Penulis : Deti Mega Purnamasari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Usai Divaksin, Wapres Ajak Warga Lansia Tak Takut Ikut Vaksinasi Covid-19

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved