Breaking News:

Cocok saat Musim Hujan, Ini 4 Aplikasi yang Hadirkan Peringatan Dini Banjir

Sejumlah wilayah di Jabodetabek masih tergenang banjir imbas hujan deras yang terjadi Sabtu (20/2/2021).

TRIBUNJAKARTA.COM/EGA ALFREDA
Kondisi terkini Komplek Ciledug Indah 2 yang banjirnya mulai surut setelah sebelumnya digenangi air sampai dua meter tingginya, Minggu (21/2/2021). 

TRIBUNJAKARTA.COM, Sambas - Sejumlah wilayah di Jabodetabek masih tergenang banjir imbas hujan deras yang terjadi Sabtu (20/2/2021).

Musibah banjir besar di awal tahun 2021 ini membuat banyak warga yang mengungsi sampai harus merelakan harta bendanya yang terendam banjir.

Meski hujan berlangsung hanya beberapa jam, debit air yang menggenang pun cukup cepat membuat banjir dengan ketinggian mulai 100 cm sampai 2,5 meter.

Di era teknologi digital seperti saat ini, pantauan cuaca dan potensi banjir bisa dilakukan melalui layar ponsel.

Berbagai aplikasi di smartphone kini mampu memetakan daerah mana saja yang memiliki potensi banjir dan update lalu lintas yang terdampak.

Baca juga: Sempat Berhenti karena Banjir, Bus Sekolah DKI Lanjutkan Evakuasi Pasien Covid-19

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang yang membantu Anda memantau titik banjir dan genangan air yang dirangkum Tribunnews.com:

1. PetaBencana

Situs pemantau bencana alam di seluruh wilayah Indonesia ini sangat berfungsi untuk memantau titik-titik lokasi bencana seperti banjir.

Melalui situs ini, ditampiklan peta dan zona mana saja yang masih dalam status tanggap darurat bencana berdasarkan laporan yang masuk dari netizen.

Selain itu, Yayasan Peta Bencana ini juga bekerja sama dengan stakeholder seperti SAR, BPBD dan BPNB serta sejumlah lsm di bidang kemanusiaan dan penanggulangan bencana.

Halaman
123
Editor: Siti Nawiroh
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved