Breaking News:

Sidang Rizieq Shihab

PN Jakarta Timur Perintahkan Jaksa Hadirkan Rizieq Shihab di Sidang Online

Pengadilan Negeri Jakarta Timur memerintahkan Kejaksaan Agung menghadirkan Rizieq Shihab dalam sidang beragenda pembacaan dakwaan pada Jumat (19/3).

Penulis: Bima Putra | Editor: Wahyu Septiana
Tangkap layar Kompas TV
Rizieq Shihab saat jalani sidang perdana secara online di PN Jakarta Timur, Selasa (16/3/2021). Pengadilan Negeri Jakarta Timur memerintahkan Kejaksaan Agung menghadirkan Rizieq Shihab dalam sidang beragenda pembacaan dakwaan pada Jumat (19/3). 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNJAKARTA.COM, CAKUNG - Pengadilan Negeri Jakarta Timur memerintahkan Kejaksaan Agung menghadirkan Rizieq Shihab dalam sidang beragenda pembacaan dakwaan pada Jumat (19/3).

Hal ini menyusul langkah walk out yang dilakukan Rizieq Shihab saat mengikuti sidang secara virtual di perkara tes swab RS UMMI Bogor pada Selasa (16/3).

Kepala Humas Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Alex Adam Faisal mengatakan Majelis Hakim sudah memerintahkan Kejaksaan Agung agar insiden serupa tidak lagi terjadi.

"Jadi dalam bahasa sidang atau persidangan kita tidak ada koordinasi (dengan Kejaksaan), tapi memerintahkan untuk menghadirkan terdakwa dipersidangan. Dan terdakwa tidak ada mengenal kata walk out," kata Alex di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (18/3/2021).

Kehadiran dimaksud mencakup kehadiran secara virtual dalam sidang yang sudah diputuskan Majelis Hakim bakal tetap digelar online pada Jumat (19/3).

Tampak depan ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur lokasi sidang Rizieq Shihab digelar, Kamis (18/3/2021).
Tampak depan ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Timur lokasi sidang Rizieq Shihab digelar, Kamis (18/3/2021). (TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA)

Pasalnya meski kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri, eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) itu berstatus tahanan Kejaksaan, bukan lagi Polri sebagaimana saat Rizieq bersatus tersangka.

"Kalau dia walk out ya enggak ada sidang lah. Tapi kalau pengacara (walk out) karena dia memang kemerdekaannya belum diramapas, dia bisa meninggalkan (sidang)," ujarnya.

Baca juga: Operasional Dua Koridor Bus Transpatriot Bekasi Resmi Dihentikan, Ini Penyebabnya

Baca juga: Hotel Melati di Koja Jadi Tempat Favorit PSK Layani Pelanggan: Harga Murah, Sekali Main Rp300 Ribu

Baca juga: Kapolres Jaktim Tanggapi Viral Video Pelemparan Batu di KRL

Alex menuturkan pihaknya yang ditunjuk Mahkamah Agung (MA) mengadili perkara Rizieq Shihab menyerahkan masalah pengawasan kehadiran terdakwa kepada Kejaksaan Agung sepenuhnya.

Pihaknya berharap agar Rizieq mengikuti jalannya sidang agar perkara segera bergulir ke tahap selanjutnya sehingga tidak berlarut di satu tahapan sebagaimana sekarang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved